Sambut Ramadhan, Pemuda Desa Lapa Laok – Lapa Daya Adakan Pengajian Umum

MediaJatim.com, Dungkek – Ada banyak cara dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, penyambutan tersebut bukan hanya sebatas acara seremonial, akan tetapi agar masyarakat lebih siap dan lebih matang dalam menyambut bulan yang penuh keistimewaan tersebut, baik secara lahir maupun batin. Salah satu kegiatan penyambutan Bulan Ramadhan tersebut adalah mengadakan pengajian umum, seperti yang diselenggarakan oleh Pemuda Putra Desa Lapa Laok yang bekerjasama dengan Desa Lapa Daya, Dungkek, Sumenep.

Kegiatan pengajian umum ini dilaksanakan pada Minggu (13/05/2018) malam di Lapangan Sepak Bola PSGM Lapa Laok, dihadiri oleh ratusan orang, mulai dari tokoh masyarakat hingga kalangan kaum pemuda, baik di Desa Lapa Laok dan Lapa Daya maupun dari desa-desa lain.

“Kami memilih lapangan sepak bola karena ini adalah tempat yang sangat strategis, tempatnya sangat terbuka dan berada di pinggir jalan raya, sehingga orang-orang tidak merasa sungkan untuk hadir. Dan Alhamdulillah pada pengajian kali ini banyak warga yang hadir,” ungkap Sugianto, salah satu panitia pengajian umum ini.

Baca Juga:  Rayakan Harlah ke-5, Himaspa Pamekasan Komitmen Wadahi Potensi Anggotanya

Sementara itu, KH. Fahim Ismail, yang mewakili Ketua Panitia, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa salah satu tujuan diadakannya pengajian umum yang dikoordinir oleh para pemuda tersebut adalah agar ikatan para pemuda desa itu semakin kuat, baik secara emosional maupun spiritual, “Dengan adanya pengajian ini semoga persaudaraan dan persahabatan para pemuda desa, baik di Lapa Laok maupun di Lapa Daya itu semakin erat,” tuturnya di hadapan seluruh hadirin.

Ditambahkannya, pangajian umum ini diharapkan menjadi awal dari kebangkitan kemabali Desa Lapa Laok dan Lapa Daya dalam hal kegiatan-kegiatan keagamaan, “Desa Lapa Laok dan Lapa Daya dulu-dulunya sering melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan, sehingga sampai-sampai dikenal sebagai masyarakat religius, tetapi akhir-akhir ini antusiasme tersebut sedikit kendor. Nah, dengan adanya pengajian ini semoga semangat itu muncul kembali. Dan saya mengharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” harapnya.

Baca Juga:  Jurnalis dan Aktivis Senior Pimpin IKA PMII Batang-Batang

Terkait dengan kesiapan menyambut datangnya Bulan Ramadhan, KH. Syarifuddin, sebagai penceramah dalam pengajian umum tersebut menuturkan bahwa salah satu bekal untuk menyambut Bulan Ramadhan adalah meningkatkan keber-islaman masing-masing kita, “Kita tidak cukup islam secara jasmani saja, melainkan hati dan ruhani kita juga harus islam. Bagaimana agar hati dan ruhani kita juga islam? Yaitu kita harus menjauhi penyakit-penyakit hati, tidak dengki, tidak sombong, tidak berpikiran jelek kepada orang lain, dan menjauhi sifat-sifat tercela lainnya,” dawuh kiai asal Pamekasan ini.

Reporter: Saiful Fawait

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat