Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan

MediaJatim.com, Sumenep – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madura yang bertempat di Kalianget Kabupaten Sumenep, memusnahkan 944.520 batang rokok ilegal, Rabu (16/5).

Ratusan ribu batang rokok ilegal ini merupakan hasil operasi dari 4 kabupaten di Madura yang telah mendapat persetujuan pemusnahan barang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

DLH Pamekasan

Nilai rokok ilegal yang dimusnahkan ditaksir mencapai Rp. 601.463.400 dengan potensi kerugian negara sekitar Rp. 281.941.000.

“Kerugian negara mencapai ratusan juta,” ungkap Latif Helmi, Kepala Kantor Bea dan Cukai Madura.

Baca Juga:  Bertemu Ulama dan Bupati se-Madura, Bupati Baddut Tamam Minta Bersama-sama Cegah Narkoba

Helmi menambahkan, sebanyak 1.642.200 batang rokok ilegal saat ini masih menunggu Surat Persetujuan Pemusnahan Barang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

“Totalnya ada 2.5 juta lebih batang rokok ilegal selama periode 2017-2018, yang dimusnahkan baru sepertiganya” lanjutnya.

Dalam melakukan operasi di 4 kabupaten di Madura, sambung Latif, pihaknya berkoordinasi dengan Polri dan TNI.

Sementara itu, Kapolres Sumenep AKBP Fadillah Zulkarnaen yang turut hadir dalam pemusnahan rokok ilegal mengungkapkan akan terus membantu Kantor Bea dan Cukai dalam meninimalisir peredaran rokok ilegal di Madura. Pihaknya siap mendukung penuh setiap penindakan yang dilakukan Bea dan Cukai.

Baca Juga:  Bacok Tetangga, Firman Terancam Dipenjara

“Kita sepakat memberantas rokok ilegal. Sudah ada Polair yang terus disiagakan,” kata Fadillah.

Reporter: Nur Khalis

Redaktur: Sulaiman