Parah, Bantuan Banjir Bandang Alasmalang Kadaluwarsa

Mediajatim.com, Banyuwangi – Bantuan makanan dan minuman yang dibagikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banyuwangi ke sejumlah warga terdampak banjir bandang, Dusun Garit Desa Alasmalang Kecamatan Songojuruh, Rabu (16/5) kadaluwarsa.

Hal itu dijelaskan salah satu warga penerima bantuan berinisial S, 1 paket kardus bantuan dari Pemerintah Daerah Banyuwangi yang diterimanya berisikan sembako.

Setelah diterima, sembako bantuan itu terdapat item yang kaduluwarsa, berupa susu kaleng. Di kaleng ini bertuliskan OCT 17 PSR. Adanya hal tersebut menjadikan warga yang baru saja dilanda banjir bandang, Selasa (15/5) malam cemas.

Baca Juga:  Hadrah Cilik, Cara Unik Warga Tapa'an Lestarikan Tradisi

“Sudah 3 hari bantuan ini saya terima. Exspired mas,” jelas, S.

Dikonfirmasi terpisah, Ripai Kasi Penanganan Bencana Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi menjelaskan, terkait bantuan yang kadaluarsa pihaknya baru mengetahui, Jumat (18/5). Informasi itu didapatnya dari pemerintah Desa Alasmalang. Bantuan yang diberikan kepada warga berupa sembako, sejumlah 30 paket. Susu di dalam paket bantuan tersebut sebanyak 30 kaleng.

“Hari ini juga kami ganti,” jelas Ripai.

Ketika disinggung soal bantuan itu Ripai menjelaskan, jika bantuan yang diberikan ini merupakan pengadaan Tahun 2017. Pengadaan itu direalisasikan oleh rekanan.

Baca Juga:  Jamaluddin Kembali Dipercaya Jadi Ketua Garda Bangsa Pamekasan

“Ini stok tahun kemarin. Yang sekarang belum cair. Kalau ada apa – apa dengan warga penerima bantuan, kami akan bertanggung jawab,” ujarnya.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

WhatsApp chat