Wartawan dan Aktivis Banyuwangi Ajukan Hearing

MediaJatim.com, Banyuwangi – Puluhan wartawan dan beberapa aktivias Banyuwangi Jawa Timur yang tergabung di Komavision (Komunitas Wartawan Koran Majalah Televisi Online) mengajukan permohonan Hearing ke DPRD Banyuwangi. Surat itu diserahkan langsung perwakilan wartawan ke Sekretariat DPRD Kabupaten Banyuwangi, Rabu (30/5).

Eko Suryono perwakilan wartawan tersebut mengatakan, dalam surat pengajuan Hearing itu pihaknya berharap pihak DPRD Banyuwangi bisa mengundang hadirkan PT. Merdeka Cooper And Gold, Bupati Banyuwangi selaku penanggung jawab Golden Share, Konsorsium Pemegang Saham PT BSI, Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banyuwangi serta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banyuwangi.

Dengan menggelar Hearing itu pihaknya berharap bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing – masing pemegang saham, posisi saham, pembagian keuntungan (Deviden), hasil produksi, lahan pengganti, rekrutmen tenaga kerja lokal, Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan imformasi lainnya. Sehingga dengan ini, pemberian hibah saham PT Merdeka Cooper And Gold 10 persen kepada Pemkab Banyuwangi segerera memberikan manfaat bagi masyarakat Banyuwangi.

“Selama ini terkesan tertutup dan kurang terbuka sehingga kami tidak bisa memberikan informasi secara utuh kepada masyarakat. Kami menginginkan adanya keterbukaan informasi baik dari pemkab Banyuwangi ataupun dari pengelola tambang emas, karena sebagian saham tersebut merupakan milik masyarakat Banyuwangi,”jelas Eko, ke sejumlah media.

Terkait pengajuan hearing tersebut, Sekretariat DPRD Banyuwangi, Suprayogi berjanji akan segera menindak lanjuti dan meneruskan surat pengajuan itu ke Ketua DPRD Banyuwangi.

“Segera kita teruskan ke Ketua DPRD,” ujar Suprayogi.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman