Eksan: Hanya Satu Kata, Lawan Terorisme!

MediaJatim.com, Jember-Pelibatan masyarakat dalam memerangi terorisme adalah sebuah keniscayaan. Pasalnya, ancaman terorisme di Indonesia cukup mengkhawatirkan dan tidak bisa dipandang remeh.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch Eksan saat menggelar serap aspirasi (reses) yang dipusatkan di rumah Ketua DPC Partai NasDem Semboro, Muzakki, Senin (28/5).

Menurut Eksan, aparat keamanan tidak bisa bekerja sendiri dalam menanggulangi terorisme. Sebab, selain karena jumlah aparat keamanan terbatas, sel-sel teroris sudah menyebar secara sporadis di banyak tempat, dan ancaman radikalisasi sudah di depan mata.

“Tokoh masyarakat, para ustadz juga perlu dilibatkan, misalnya untuk penguatan ideologi kontra radikal. Sebab, salah satu kekuatan gerakan radikal terletak pada doktrin ideologinya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Partai NasDem sebagai bagian dari elemen masyarakat tak akan tinggal diam dengan teror bom yang terus mengancam kedamaian bangsa. Seperti elemen lainnya, Partai NasDem juga punya tanggung jawab untuk terlibat dalam pencegahan teror. Sebab, teror yang terjadi di Indonesia, lebih-lebih yang menimpa anggota Polri sudah sangat melampuai batas.

“Apel siaga terorisme yang dilakukan Partai NasDem sehari setelah aksi teror beruntun di Surabaya adalah wujud dari perlawanan masyarakat terhadap terorisme yang telah menelan korban dan kerusakan. Jadi bagi kami hanya satu kata: lawan terorisme,” teriak Eksan.

Eksan sendiri adalah politisi Partai NasDem yang punya perhatian besar terhadap terorisme sejak lama. Analisanya soal teror kerap muncul di sejumah media cetak dan elektronik. Selain itu, dua buku hasil buah tanganya sudah lama terbit. Judulnya,

“Mencari Akar Terorisme” dan “Dari Bom Bali Hingga Kuningan”. Dua buku tersebut, juga tersimpan sebagai arsip di perpustakaan di Amerika Serikat.

Dalam reses tersebut, hadir Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki Abd. Gofur, Pengasuh Pondok Pesantren Fatihul Ulum, Klatakan, Tanggul sekaligus bakal Caleg Partai NasDem, Nyai Hj. Aisyah Ajhury, Ketua DPD Garnita Malahayati Jember, Ning Aida Lutfiyah, sejumlah Ketua DPC Partai NasDem dan hampir seratus warga masyarakat.

Reporter: Aryudi Abdul Razaq

Redaktur: Sulaiman