PERIODE II

Serentak! Ratusan Mahasiswa Cek Data Pemilih Pilgub Jatim 2018

Media Jatim

MediaJatim.com, Sumenep – Secara serentak ratusan mahasiswa dari beberapa Fakultas di Universitas Wiraraja Kabupaten Sumenep melakukan cek data diri sebagai pemilih di Pilgub Jatim 2018, Selasa (05/6).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Seminar dan Sosialisasi bertema Pilkada Serentak dan Hak Asasi Politik yang digelar oleh KPU Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Wiraraja, di salah satu graha kampus setempat.

Melalui website www.kpu.go.id, ratusan mahasiswa tampak antusias mengecek data dirinya sebagai pemilih di Pilgub Jatim pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dekan Fisip Universitas Wiraraja Sumenep Irma Irawati menyebutkan, kegiatan ini adalah usaha pendewasaan berpolitik bagi mahasiswa yang notabene masih pemilih pemula.

Baca Juga:  Nico: NasDem Jember Sangat Siap

“Usaha kami (kampus) bagi mahasiswa dalam pendewasaan berpolitik, Mas,” ungkap Irma pada awak media.

Banner Iklan Media Jatim

Selain pendewasaan, tambah Irma, diharapkan mahasiswa mampu membangun kesadaran politik, berperan positif dan berpartisipasi aktif dalam memilih pemimpin terbaik, termasuk dalam Pilgub Jatim bulan ini.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064735_0000
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064736_0002
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064736_0001

“Nantinya mahasiswa bisa berperan positif dan berpartisipasi aktif, tentu sebelumnya sadar politik,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Komisioner KPU Jatim Dewita Hayu Sinta, saat dimintai keterangan seusai acara oleh awak media.

Baca Juga:  Anggota PPS Kapedi Diberhentikan Paksa, Fakta Atau Hoax?

Menurutnya, KPU berkewajiban melakukan sosialisasi kepada sejumlah pihak, termasuk mahasiswa yang masuk segmentasi pemilih pemula, pemilih pemuda dan netizen.

“Mahasiswa ini termasuk pemilih pemula, pemilih muda dan netizen atau warganet. Makanya kami sosialisasi disini,” ujarnya.

Selain komisioner KPU Jatim dan dosen Fisip kampus setempat, hadir pula sejumlah pihak sebagai pembicara termasuk salah satu Dekan dari Universitas Bojonegoro.

Reporter: Nur Khalis

Redaktur: Sulaiman