PERIODE II

Irma Lumiga Ingin Pimpin Banyuwangi

Media Jatim

MediaJatim.com, Banyuwangi – Irma Lumiga, desainer handal kelahiran asli Banyuwangi Jawa Timur siap mencalonkan diri sebagai Bupati Banyuwangi.

Pencalonannya tersebut didorong dari ketekatannya untuk memberdayakan kaum perempuan melalui program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Karena pelaku UMKM di Banyuwangi rata – rata wanita.

“Ini dasar saya ingin memimpin Banyuwangi. Karena perempuan berperan penting untuk keluarga,” kata Irma Lumiga, Sabtu (9/6).

Program UMKM yang ia canangkan merupakan pengembangan usaha yang didirikan masyarakat secara mandiri, dampaknya masyarakat bisa memiliki home industri dan mampu memperkejakan karyawan.

Baca Juga:  Sudirman: Hindari 'Gesekan' Dengan Sipil di Papua

“Leading sector dari usaha ini sangat berdampak positif bagi pelaku UMKM. Jika bisa dikembangkan, saya kira pengangguran akan berkurang,” terangnya.

Banner Iklan Media Jatim

Program tersebut dupaparkannya bedasar pada pengalaman. Di Denpasar Bali, ia memliki Tim Business Eksport Development Organization (BEDO). Tim ini ia dirikan untuk memberdayakan kaum perempuan.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064735_0000
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064736_0002
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064736_0001

Motivator dan pengajar yang dihadirkan untuk pelatihan dan pemberdayaannya dari kalangan pengusaha yang sudah sukses di bidang UMKM.

“Di Bali sukses. Semoga dengan program ini masyarakat Banyuwangi bisa selangkah lebih maju di bidang UMKM,” pungkas desainer gaun batik tersebut.

Baca Juga:  Garda Bangsa Pamekasan Siapkan 1.000 Kader untuk Menangkan Gus Muhaimin Presiden

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman