Khofifah-Emil Menang di 16 Kecamatan Sumenep

MediaJatim.com, Sumenep – Hasil rapat pleno terbuka KPU Sumenep yang digelar di gedung Islamic Center Bindara Saod Desa Batuan Kecamatan Batuan Sumenep menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khafifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menang di 16 kecamatan di Kabupaten Sumenep, Rabu (04/7).

16 kecamatan tersebut meliputi 4 kecamatan kepulauan dan 12 kecamatan daratan. Diantaranya Kecamatan Sapeken, Arjasa, Gili Genting dan Kecamatan Kangayan. Sementara 12 kecamatan daratan meliputi Kecamatan Lenteng, Manding, Pasongsongan, Pragaan, Batuan, Batu Putih, Bluto, Dasuk, Ganding, Gapura, Kalianget dan Kecamatan Kota. 11 Kecamatan tersisa menjadi milik pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2 Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Di Kabupaten Sumenep, pasangan Khafifah-Emil yang mendapat dukungan dari 6 partai ini meraup 248.074 suara. Sementara pasangan calon nomor urut dua yang di dukung PDI Perjuangan, PKB dan dua partai lainnya mendapatkan 240.683 suara. Selisih kemenangan mencapai 7.391 suara untuk kemenangan Khafifah-Emil.

Dalam gelaran Pilgub Jatim tahun ini, 856.675 warga Kabupaten Sumenep terdaftar sebagai pemilih tetap atau DPT. Sebanyak 498.078 warga menggunakan hak pilihnya.

“Soal partisipasi, alhamdulilah juga cukup baik meski hanya mendekati 60%. Ada peningkatan partisipasi sekitar 6%,”  tutur Malik Mustofa, Komisioner KPU Sumenep.

Rekapitulasi manual, tambah Malik, berlangsung tertib. Saksi dari kedua pasangan calon tidak banyak melakukan interupsi terkait adanya perbedaan data yang dikantongi oleh pihak saksi dan paparan dari masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Memang sempat ada beberapa interupsi dari saksi calon, tapi alhamdulilah sudah di kroscek dan dilakukan pembetulan,” tutupnya.

 

 

Reporter: Nur Khalis

Redaksi: Sulaiman