Kiai Taufik: Empat Syarat Menjadi Ketua GP Ansor

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – PCNU Pamekasan menegaskan netral  dalam Konferensi Cabang (Konfercab) Pimpinan Cabang GP Ansor Pamekasan pada 16 September 2018 mendatang. Siapa pun calon ketua GP Ansor yang mencatut dapat dukungan dari PCNU, sama sekali tidak dibenarkan.

“PCNU baik syuriah maupun tanfidiziah tidak ikut dukung mendukung calon dalam Konfercab PC GP Ansor Pamekasan yang akan dilaksanakan pada 16 September mendatang,” tegas Ketua PCNU Pamekasan, KH Taufik Hasyim, Senin (20/8) pagi.

Diterangkan, PCNU Pamekasan mendukung semua kader NU yang berniat mengabdi di GP Ansor. Menurutnya, paling tidak ada 4 kriteria yang harus dimiliki oleh calon Ketua PC GP Ansor.

Baca Juga:  Hampir 100 Kader Ansor Dungkek Resmi Dibaiat

“Pertama, sudah memenuhi syarat pencalonan sesuai aturan organisasi dan mekanisme organisasi yang berlaku. Kedua, tidak menggunakan cara-cara yang kurang etis dalam mencari dukungan,” tegas Pengasuh Pesantren Sumber Anom, Palengaan, Pamekasan itu.

Ketiga, tambahnya, patuh dan tunduk pada para masyahikh dan menjadikan fatwa para masyayikh sebagai rujukan mengambil sikap, khususnya hal-hal yang bersifat eksternal.

Selanjutnya yang keempat adalah melaksanakan dan mengawal terhadap apa yang diputuskan para masyayikh meskipun itu hal pahit: apapun yang diperintahkan para kyai, khususnya Rais Syuriah sebagai pimpinan tertinggi di NU, maka tidak ada alasan untuk tidak melaksanakannya, karena GP Ansor adalah khodim dan benteng ulama.

Baca Juga:  DPRD Simpulkan Pemerintahan Pamekasan 2022 Gagal: Terkuak dalam Dokumen Pansus LKPJ Bupati

“Sama seperti konfercab IPNU dan banom NU yang lain, bahwa PCNU tidak ikut campur dalam tiap konfrencab yang diadakan oleh banom,” tukas Kiai Taufik.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR

Banner Iklan Media Jatim