Fathor-Syafiuddin Terkuat, Anam-Darso Kuda Hitam

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Konferensi Cabang (Konfercab) GP Ansor Kabupaten Pamekasan sudah di depan mata. Pemilihan ketua tersebut dijadwalkan pada Minggu (16/9) mendatang.

Kini sudah bermunculan kandidat yang bakal bersaing menjadi top leader badan otonom (banom) NU tersebut. Mereka adalah incumbent Fathorrahman, Ketua GP Ansor Waru Syafiuddin, Ketua GP Ansor Kadur Hairul Anam, dan Ketua GP Ansor Palengaan Sudarsono.

“Saya sebenarnya sudah pamit ke kiai-kiai untuk tidak mencalonkan ketua lagi. Tapi, beliau-beliau memerintahkan ke saya untuk maju kembali,” ungkap Fathorrahman.

Fathor menyatakan siap selalu bila GP Ansor masih membutuhkan kepemimpinannya. Apalagi, itu merupakan titah langsung dari masyaikh.

Sementara itu, Syafiuddin mengaku tidak punya keinginan untuk mencalonkan diri. Meski begitu, dirinya mengakui para kader dan pengurus GP Ansor meminta dan mendesak dirinya untuk mewarnai konfercab.

“Selagi ada yang lebih pantas, saya taat dan patuh terutama kepada Ketua PC GP Ansor Pamekasan sahabat Fathorrahman,” ujar Syafiuddin.

Baca Juga:  GP Ansor Proppo Gelar Santunan Kematian dan Tahlil Bersama

Tetapi sebagai kader, tambahnya, kapan pun dipanggil dan di mana pun, dirinya mengaku selalu siap bila dipanggil. Termasuk siap selalu menerima perintah dari para kiai dan pimpinan PCNU Pamekasan.

“Pada prinsipnya menjadi apapun bagi saya tidak urgen, terpenting bisa mengabdi kepada Ansor dan NU. Saat ini fokus pada memimpin PAC yang itu merupakan mandat kader dan ranting. Saya taat dan tunduk kepada pimpinan cabang. Jika diminta maju oleh PAC dan ranting, kapan pun dan di mana pun, saya siap. Ambisi saya hanya ingin mengabdikan diri pada Ansor dan NU,” urainya.

Terpisah, Anam dan Darso tampak hanya tersenyum ketika diminta komentar kesanggupannya berkompetisi di konfercab.

“Kalau ada panggilan untuk GP Ansor dan NU, kita sebagai kader harus selalu siap,” tegas Anam.

Baca Juga:  LSM Gusur Gandeng Media Online Buka Posko Pengaduan Bansos

Secara administrasi, keempat calon di atas masuk katagori layak. Sebab, sudah sama-sama lulus Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) GP Ansor Jatim.

“Apa pun yang terjadi, jika itu restu kiai dan GP Ansor, kita harus siap lahir-batin,” tegas Darso.

Dari segi kemampuan, mereka juga sudah sama-sama teruji. Apalagi, hasil akreditasi GP Ansor Jatim, PC, PAC Waru, Kadur, dan Palengaan dapat nilai A.

Terlepas dari itu, Fathor dan Syafiuddin adalah calon terkuat. Meski begitu, Anam dan Darso bisa saja jadi kuda hitam yang sewaktu-waktu memberikan kejutan.

“Sahabat Fathor pengalaman sebagai ketua cabang. Sedangkan sahabat Syafiuddin berperan besar dalam pendirian serta pengaktifan GP Ansor daerah Pantura,” ungkap Ketua Ansor Pasean, Rasyad.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR

  • Bagikan
WhatsApp chat