Desa Sukogidri Terima Bantuan Ribuan Ternak Ayam

Media Jatim

MediaJatim.com, Jember – Pemerintah terus berupaya menurunkan angka kemiskinan dengan melakukan inovasi dan pemberdayaan kepada masyarakat. Salah satunya melalui bantuan usaha ternak yang dikhususkan kepada kelompok Rumah Tangga Miskin (RTM). Melalui Kementerian Pertanian, bantuan tersebut disalurkan ke berbagai desa di seluruh Indonesia.

Sukogidri merupakan salah satu desa di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember yang mendapat bantuan tersebut. Sebanyak ribuan ternak ayam akan dibagikan kepada 133 masyarakat yang masuk kategori RTM (02/10).

Tidak hanya ayam, kandang dan pakan juga disediakan. Masing-masing RTM akan mendapat 50 ekor ayam dalam satu kandang. Tidak hanya itu, setiap RTM juga mendapatkan 2 sak pakan yang masing-masing berisi 50 kilogram.

Baca Juga:  Kata The Jak Mania Tentang Pantai Talang Siring

“Luar biasa. Saya sangat mengapresiasi atas bantuan ini. Baru kali ini Sukogidri mendapat bantuan ternak ayam. Nanti juga akan menyusul bantuan bibit kopi,” kata Purnoto, Kepala Desa Sukogidri.

Kepala desa menambahkan bahwa pembagian ternak ayam akan dilaksanakan besok, Rabu, (03/10) dan akan diserahkan langsung oleh Bupati Jember dan staf Kementerian Pertanian Kabupaten Jember.

“Bupati Faida akan hadir dan menyerahkan secara simbolis kepada masyarakat. Jadi, hari ini kami masih mendistribusikan kandangnya dulu kepada warga. Ayam dan pakannya tunggu besok,” tukasnya.

Tahun 2018, Desa Sukogidri memang menjadi satu diantara sepuluh ribu desa di seluruh Indonesia yang menjadi percontohan program Padat Karya Tunai yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Melalui berbagai kementerian terkait, berbagai bantuan tambahan diterima oleh desa tersebut.

Baca Juga:  Hadapi Cuaca Ekstrem, Kemensos Siagakan 35.000 Tagana

Reporter: HS Putra

Redaktur: Sulaiman