Bupati Jamin Sistem Birokrasi Berjalan Maksimal


MediaJatim.com, Pamekasan – Ada banyak cara yang dilakukan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, untuk melihat kinerja staf di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan. Salah satunya dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD.

Seperti yang dilakukannya pada Selasa (22/1) siang. Bupati Baddrut Tamam yang hanya ditemani ajudan melakukan sidak ke sejumlah instansi pemerintahan, utamanya yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik.

Bupati muda itu mengawali sidak dengan mengunjungi tempat favorit masyarakat saat ini untuk mengurus keperluan administrasi, yakni Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di Gedung Islamic Center.

Baca Juga:  Aset Sudah Disita Koperasi, Warga Sarimulyo Digugat Perdata

Tak hanya memastikan sistem birokrasi berjalan maksimal, sesekali Bupati kharismatik tersebut menyapa warga yang sedang melakukan pengurusan administrasi ke MPP. Tanpa jarak, Bupati Baddrut Tamam mengajak “ngobrol” satu persatu warga yang ada di tempat tersebut.

Tindakan politikus PKB tersebut bertujuan untuk mendengarkan sendiri penilaian masyarakat tentang pelayanan di MPP, utamanya tentang optimalisasi  pelayanan publik pasca pembentukan MPP beberapa waktu lalu.

Menurutnya, saat ini MPP merupakan ujung tombak pemerintah daerah untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Keberhasilan dalam mengatasi rumitnya pemenuhan pelayanan publik yang terjadi selama ini, merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Comparing Core Details In What Is Nature Vs Nurture Essay

“Saya ingin memastikan apakah ada kendala dalam hal teknis. Begitu juga dengan pelayanan publik, saya cek langsung karena MPP ini berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat,” katanya di sela-sela sidak, Selasa (22/1).

Selang beberapa saat di MPP, Baddrut Tamam melanjutkan sidak ke sejumlah OPD lain, guna memastikan sistem birokrasi berjalan dengan optimal. Diawali dengan menyambangi kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transimigrasi (Disnakertrans), orang nomor satu di lingkungan Pemkab Pamekasan itu, langsung mendatangi sejumlah OPD di Jalan Jokotole.

Di dua lokasi berbeda itu, Baddrut Tamam juga meminta semua bidang menginventarisisasi sejumlah kendala dan kebutuhan agar kinerja pelayanan dan sistem birokrasi berjalan maksimal.

“Pemerintah akan mengupayakan pemenuhan kebutuhan setiap OPD demi efektivitas pelayanan,” tandasnya.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: A6

WhatsApp chat