OJK Resmikan Bank Wakaf Minhajut Thulab

Mediajatim.com, Banyuwangi – Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Hidayat, meresmikan Kantor Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajut Thullab Desa Sumberberas Kecamatan Muncar, Senin (28/1).

Dalam sambutannya Ahmad Hidayat memaparkan jika kantor tersebut merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang didirikan atas lisensi OJK, sebagai upaya peningkatan inklusi keuangan masyarakat kecil, terutama yang memiliki bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Bank ini menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat yang belum memiliki akses lembaga keuangan formal,” terang Ahmad Hidayat.

Baca Juga:  Cerita Korban Pemerkosaan 7 Orang yang Akhirnya Meninggal

Dia berahap, kedepan Bank Mikro Syatiah ini dapat membantu pengembangan usaha kecil masyarakat yang berada di lingkungan Ponpes Minhajut Thullab.

“Semoga dapat bermanfaat untuk kemaslahatan umat,” harapnya.

Peresmian tersebut dihadiri Forpimka Kecanatan Muncar, perwakilan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan masyarakat UMKM binaan Ponpes Minhajut Tullab.

Dalam peresmian itu juga dipamerkan berbagai kuliner UMK seperti kripik nangka, kripik buah naga, kripik degan, sale, kripik tempe, kripik pisang, kripik sukun, kripik tela, dodol buah naga, sirup buah naga, klemben dan jajanan lain yang keseluruhannya diolah menggunakan alat oven hibah PT. Astra.

Baca Juga:  Ciptakan Pengusaha Baru, Dinas Perikanan Pamekasan Lakukan Pelatihan Pembenihan Ikan Air Tawar

Menurut Hemdra, harapan dari pelaku UKM ingin mengembangkan olahan buah naga, karena sebulan terakhir ini harga buah naga turun drastis diangka Rp. 2000 per kilogram.

“Dengan adanya Bank ini kami berharap bisa mendongkrak UKM, terutama di olahan buah naga. Dengan ini harapannya bisa menampung dan mengangkat dan mesnsetabilkan harga buah naga, disetiap panennya,” harap perwakilan UMKM Ponpes Minhajut Tullab, tersebut.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

WhatsApp chat