Mandiri, OSIS MA Sumber Bungur Dapat Omset dari Wirausaha Sendiri

MediaJatim.com, Pamekasan – Kemandirian dan kreativitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah (MA) Sumber Bungur Pakong, Pamekasan, Jawa Timur, semakin terlihat dari tahun ke tahun.

Hal itu dibuktikan dengan wirausaha berupa jasa print-out, penjualan air mineral dan gambir di sekolahnya oleh OSIS masa bakti 2018/2019.

Tiga jenis usaha itu terpantau pada postingan akun osismasumpa, akun Facebook milik OSIS madrasah swasta yang terakreditasi A tersebut.

Hendri Kurniawan, pembina OSIS MA Sumber Bungur membenarkan postingan itu. Ia mengaku, usaha itu di bawah naungan bidang kewirausahaan.

Baca Juga:  Dosen dan Mahasiswa Instika Presentasi pada Konferensi Internasional

“Ia, benar. OSIS mengadakan tim kewirausahaan untuk menghasilkan pendapatan dari berwirausaha. Omset itu dipegang dan dikelola secara mandiri,” terang guru Fisika itu.

Hasilnya, tambah pentolan Universitas Brawijaya Malang itu, untuk menunjang program OSIS. “Contohnya kemarin ada lomba KIAI kekurangan dananya kita ambil dari itu. Karena saran dari Pak Holis (mantan kepala sekolah, red), OSIS harus mandiri,” jelas guru yang akrab disapa Hendri itu.

Pihaknya berjanji, jika usaha atau program ini lancar, OSIS Akan bisa mengadakan lomba, baksos dan kegiatan bermanfaat lainnya secara mandiri.

Baca Juga:  Mahasiswa STIEBA Madura Galang Dana Peduli Palu dan Donggala

“Yang terpenting juga melatih OSIS untuk menjadi pengusaha muda,” pungkasnya.

Farhat selaku kepala sekolah mengaku, selama ini OSIS dimanjakan dengan anggaran sekolah. Semenjak dibina oleh Hendri, tambahnya, OSIS di periode ini sangat kreatif dan inovatif.

“Bayangkan, tiap harinya OSIS dengan berjualan gambir. Uang kas tiap harinya pemasukannya berkisar Rp45 sampai Rp50 ribu. Terlepas dari itu, wirausaha ini sebagai upaya penanaman jiwa wirausaha sejak dini penting untuk siswa,” papar Farhat.

Reporter: Gafur

Redaktur: A6

WhatsApp chat