Tokoh  

Membanggakan, Alumni Sumber Bungur Ini Terbitkan Dua Buku

MediaJatim.com, Pamekasan- Potensi lulusan Sumber Bungur beragam warna. Nyaris setiap bidang ada. Termasuk bidang Literasi. Terlebih dunia kepenulisan. Hal ini dibuktikan oleh Erfan Arisandi, alumni MA Sumber Bungur 2016 silam.

Semasih jadi siswa aktif, Ia pernah menahkodai Forum Lingkar Pena (FLP) Ranting MA Sumber Bungur. Sebagai ketua saat itu, Erfan memberi contoh kepada anggotanya. Sebelum purna jabatan sebagai ketua FLP, Erfan melahirkan buku kumpulan cerpen pertamanya. Kumcer itu berjudul ‘Celurit Berselendang’ yang diterbitkan Bebuku Publisher (2016), Surakarta.

Tak berhenti di situ, tahun ini Erfan melahirkan kumcernya yang ke dua. Judulnya unik, ‘Pujangga Hati Dari Surga’. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Komentar, Jawa Tengah.

Erfan bersyukur atas terbitnya buku barunya. Ia menuturkan, buku keduanya ini ia tulis di sela-sela kesibukan menempuh kuliahnya.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan senang dengan hadirnya buku kedua. Walaupun saya menyadari masih minim ilmu dan masih butuh banyak belajar untuk bekal menulis saya. Buku yang aku garap selama kurang lebih satu tahun ini saya tulis untuk membangkitkan semangat menulis saya,” terang Pria asal Desa Bajur itu.

Baca Juga:  Ifan Ariadna, Sosok Santri Milenial Ingin Membangun Jember

Ia menambahkan, cerita dalam buku keduaya ini banyak diangkat dari kisah nyata. Sebab ia juga ingin menyumbang pengalamannya dan menjadi pelajaran bagi orang yang suka main cinta.

Bagi Erfan, FLP Sumber Bungur adalah tempat awal mengenal dunia kepenulisan.

“Aku mengawali di FLP. Kalau boleh berkata, tanpa FLP, karir penulisan saya hampa,” kata Erfan,(03/03/2019).

Buku karya pertama Erfan Arisandi, Antologi Cerpen “Celurit Berselendang”.

Kepada kadernya di FLP dan siwa MA Sumber Bungur Erfan berpesan, giatlah membaca dan menulis. Jangan pernah tinggalkan keduanya jika ingin jadi orang sukses. Ia menegaskan, tempatkan diri pada porsinya masing-masing, selalu ta’dzim pada guru dan orang tua.

Tahu alumninya menulis buku, Farhat, salah satu guru MA Sumber Bungur berkomentar, capaian itu diacungi jempol. Ini kebanggaan bagi keluarga besar MA Sumber Bungur. “Tidak menyangka Erfan sudah mampu menulis dan bahkan sudah 2 buku yang sudah diterbitkan,” ujar Farhat, (02/03/2019).

Baca Juga:  Raudah, Kartini Masa Kini dan Semangat Melawan Covid-19

“Selamat dan sukses buat Erfan. Teruslah menulis. Jangan pernah puas dengan karya yang sekarang. Tularkan ilmunya kepada siapa saja yang membutuhkan. Semoga karyanya bermanfaat buat buat lain dan menjadi ghirah buat pemuda lainnya terutama siswa MA Sumber Bungur, agar muncul penulis-penulis selanjutnya di MA Sumber Bungur,” saranya bangga.

Ia menegaskan, Erfan merupakan salah satu contoh bahwa anak Desa bisa berkarya. Anak desa bisa menulis. Jangan pernah malas untuk menulis. Apalagi di sekolahnya ada FLP. Farhat mengajak, siswanya bisa maksimalkan karya kita melalui FLP.

“Saatnya MA Sumber Bungur menjadi lembaga pendidikan yang unggul di bidang Literasi. InsyaAllah asal ada kemauan,” pungkasnya.

Reporter: Gafur Abdullah

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat