Eksan: Pemilu Sekarang Adalah yang Terumit di Dunia

MediaJatim.com, Jember-Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch Eksan mengingatkan penyelenggara Pemilu agar lebih giat lagi dalam memberikan sosialisasi.

Sebab, Pemilu serentak ini menampilkan begitu banyak peserta yang nama dan atau fotonya tercantum dalam lembar surat suara.

“Terus terang Pemilu sekarang ini merupakan yang terumit di dunia,” ucapnya saat sosialisasi Pemilu di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur, Ahad (10/3).

Menurutnya, kerumitan itu bisa menjadi bumerang bagi pemilih jika sosialisasinya tidak tuntas. Pasalnya, jumlah peserta Pemilu yang begitu banyak memungkinkan pemilih hilang konsentrasi hingga memilih sekenanya.

Dalam kondisi demikian, bisa jadi coblosannya tidak sah atau malah tidak mencoblos alias Golput.

Baca Juga:  AHY Berbincang Bersama Petani di Banyuwangi

“Makanya Pemilu kali ini tidak sekadar butuh penjelasan tehnis tapi juga motivasi untuk meningkatkan partisipasi warga,” lanjut Wakil Sekretaris PCNU Jember itu.

Untuk diketahui, dalam Pemilu yang akan dihelat tanggal 17 April 2019 mendatang, ada 5 lembar surat suara yang akan diterima oleh pemilih sebelum masuk TPS. Yaitu lembar surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPD, dan Presidean-Wakil Presiden.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6

WhatsApp chat