Kata P4TKI Banyuwangi, TKI Bunuh Diri di Hongkong Eks TKI Taiwan

  • Bagikan

MediaJatim.com, Banyuwangi – Jenazah Titin Puji Lestari TKI Hongkong asal Banyuwangi Jawa Timur saat ini berada di Victoria Public Mortuary Hongkong.

TKI tersebut dikabarkan meninggal dunia diduga bunuh diri terjatuh dari lantai 26 rumah majikannya yang berada di perumahan Distrik North Point, Sabtu (9/3) sekitar Pukul 12.35 negara setempat. Mantan BMI Taiwan asal Banyuwangi inipun tewas seketika di lokasi kejadian.

Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hongkong langsung merespon cepat dan mengirim surat ke pihak dan instansi terkait di Indonesia, termasuk ke Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Kabupaten Banyuwangi, untuk proses pemulangan jenazah TKI tersebut.

“Kabar ini sudah kami terima. Kami sudah koordinasi dengan pihak keluarga korban,” terang Ahmad Romdoni staff perlindungan P4TKI Banyuwangi.

Menurut Ahmad Romdoni, data korban sesuai surat keterangan KJRI Hongkong bernama Titin Puji Lestari, kelahiran 1987 beralamatkan di Rt 02 Rw 03 Desa Siliragung, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, nomor paspor AT526942. Namun setelah ditelusuri, korban beralamatkan di Dusun Glowong Rt 04 Rw 02, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran. Bahkan korban terlahir pada Tahun 1990.

Baca Juga:  Advise for Looking For Marriage Counselors

“Penelusuran ini sesuai keterangan keluarga korban. Karena sebelumnya kami menduga ada pemalsuan data. Status korban, belum nikah,” jelas Ahmad Romdoni.

Lebih detai Ahmad Romdoni menjelaskan, korban pertama kali berangkat menjadi TKI pada Tahun 2011 meggunakan data Siliragung, Negara Taiwan. Usai bekerja di Taiwan, Tahun 2014 korban berangkat ke Negara Hongkong menggunakan paspor yang digunakannya ke Taiwan. Ketika perpanjangan paspor, korban tidak memperbaruinya.

“Kalau status korban menjadi TKI legal,” urainya.

Terkait pemulangan jenazah almarhumah, pihaknya menjelaskan, saat ini pihak KJRI masih mengupayakan pemulangan almarhum.

“Sudah diupayakan. Dan kami masih menunggu prosesnya,” pungkas staff perlindungan P4TKI Kabupaten Banyuwangi, tersebut.

Baca Juga:  Malware Software Ratings & Assessments

Mariatul Qibtiyah Ketua Buruh Migran Banyuwangi (Bumiwangi) mendesak pemerintah agar korban segera bisa dipulangkan. Hak almarhumah menjadi TKI juga harus segera diupayakan.

“Kami berharap, korban segera dipulangkan dan hak – haknya bisa segera dipenuhi,” jelas anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Komisi II Fraksi PKB, tersebut.

Korban ditemukan tewas terjatuh dari lantai 26 di kawasan Distrik North Point Negara Hongkong. Kabar yang diterima, korban terjatuh pada Sabtu (9/3) sekitar Pukul 12.35. Sebelum terjatuh, majikan TKI ini mendegar suara keras dari arah dapur.

Setelah dilihat, dia melihat pintu jendela dapur sudah terbuka. Saat dilihat ke bawah, korban sudah tergeletak di podium lantai 1. Kasus itupun langsung ditangani kepolisian setempat pada Pukul 13.00. Korban kemudian diangkut mobil ambulan.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat