FIP Dukung Pemdes Kertagena Tengah Wujudkan Kampung IT

Mediajatim.com – Forum Intelektual Pemuda (FIP) Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan tidak henti-hentinya terus bergerak melakukan yang terbaik untuk peningkatan SDM desa tercintanya.

Terbaru, komunitas pemuda ini mengusung program baru dalam bidang pengembangan keilmuan Teknologi Informasi (IT). Melalui musyawarah seluruh pengurus dan anggota FIP, program ini diberi nama “CAMP IT” atau dalam bahasa Indonesianya “KAMPUNG IT” yang meliputi beberapa materi pembelajaran seperti MS word, MS excel, MS Power Point, Corel Draw, Adobe Photoshop, Sony Vegas, Blogger dan materi terkait IT lainnya.

Program tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang mewadahi warga desa tingkat pelajar ataupun masyarakat umum yang mempunyai minat untuk belajar dari awal (basic) ataupun menggali lebih dalam skill di bidang Teknologi.

“Tujuan dari program ini tidak lain yaitu memberikan fasilitas bagi mereka (pelajar-warga desa) yang benar-benar mau belajar mulai dari 0% di bidang pengetahuan IT ataupun bagi mereka yang sebelum-sebelumnya sudah mempunyai dasar lalu kemudian mau mengembangkannya,” ungkap ketua umum FIP, Muzanni, Minggu (24/3/2019).

Baca Juga:  Kecam Polisi Terlibat Narkoba, BAANAR Bersiap Kepung Mapolres Se-Madura

Sementara penasehat FIP, Samsul Arifin, menyampaikan pentingnya program ini bagi peserta didik yang masih aktif di bangku sekolah maupun warga desa secara umum.

“Program CAMP IT juga bertujuan untuk mempersiapkan diri bagi pelajar(siswa-siswi) yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi agar mempunyai dasar pengetahuan mengoperasikan komputer. Serta bagi warga desa umum yang mempunyai minat untuk memasuki dunia pekerjaan,” kata Samsul Arifin.


Program CAMP IT ini terbuka untuk umum, warga luar desa Kertagena Tengah juga diperbolehkan untuk mengikuti program ini.

“Program CAMP IT ini adalah Free Knowledge untuk seluruh warga Desa Kertagena Tengah, Tetapi jika ada warga non Desa Kertagena Tengah mau ikut, kami tetap memfasilitasinya dengan ketentuan harus membayar uang konstribusi seikhlasnya tiap pertemuan,” ujar Edy Fawas selaku Kabid Sosial dan Masyarakat.

Program CAMP IT tersebut akan dilaksanakan setiap hari Ahad, Minggu kedua dan keempat tiap bulannya mulai jam 13.30 sampai 15.30 WIB bertempat di balai desa kertagena tengah. Dengan beberapa materi pembelajaran yang bisa didapatkan mulai dari dasar. Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara menghubungi nomor HP yang telah tercantum di brosur.

Baca Juga:  Festival Seni Pencak Silat Komsos Kreatif 2020 Dibuka, 150 Pesilat Pacitan Siap Curi Bakat

“Rugi sekali jika warga desa kertagena tengah utamanya bagi pelajar menyia-nyiakan kesempatan ini. Apalagi di era milenial seperti sekarang. Jika seorang mempunyai hobi, nantinya akan menghasilkan output yang luar biasa jika dikorelasikan dengan teknologi, Misal yang punya hobi menulis bisa belajar Blogger, yang hobi menggambar bisa belajar Desain Grafis dan yang hobi upload video di Youtube bisa belajar editing video,” lanjut Edy.

Dengan diadakannya program ini turut diapresiasi dan didukung penuh oleh kepala desa Kertagena Tengah, Suto Abdurrahman.

“Sangat bagus kegiatannya, silahkan untuk fasilitas di balai desa bisa digunakan jika diperlukan. Semoga programnya berjalan dengan baik ke depannya,” tutur Kades Suto.

“Saya bersyukur, ini dukungan penuh yang luar biasa dari Pemuda dalam upaya mewujudkan cita-cita ke depan menjadi desa yang berbasis IT atau digital,” pungkasnya.

Reporter: Liman

Redaktur: Zul

WhatsApp chat