GP Ansor Bangil Siap Kawal ‘Rabu Putih’

Media Jatim

MediaJatim.com, Pasuruan – Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Bangil, H Saad Muafi, SH, setelah menghadiri Rapat Kerja Wilayah Khusus (Rakerwilsus) di Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kabupaten Kediri, secara cepat dan tanggap mengadakan Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus).

Salah satu poin yang dibahas adalah memberikan intruksi gerakan ’Rabu Putih’ kepada seluruh anggota GP Ansor se- kabupaten Bangil di Pemilu 2019 yang akan berlangsung 17 April mendatang. Intruksi gerakan menggunakan baju putih itu disampaikan saat acara Rapat Koordinasi Cabang Khusus (Rakorcabsus) GP Ansor Bangil di Mabes Ansor, Bangil, Minggu (31/3/2019).

“Hari ini kita mengadakan Rakorcab khusus. Karena menjalankan intruksi Pimpinan Pusat melalui Pimpinan Wilayah GP Ansor dan juga menyangkut semakin dekatnya Pemilu serentak pada 17 April besok, karena keprihatinan kita dengan maraknya hoaks dan ujaran kebencian. Kita melihat ujaran-ujaran kebencian ini, sudah mulai membelah masyarakat menjadi dua secara diametral. Jadi kalau bukan kita ya mereka,” tutur Saad Muafi.

“Kami selaku organisasi massa terbesar menginisiasi adanya gerakan ’Rabu Putih’. Intruksi ini bersifat wajib bagi seluruh anggota Banser dan Ansor untuk menggunakan baju putih saat Pemilu berlangsung,” tambah Gus Afi sapaan akrab Ketua PC GP Ansor Bangil.

Gus Afi menilai munculnya ‘kita’ dan ‘mereka’ menimbulkan perpecahan serta dapat meningkatkan menyebarnya berita bohong, lalu muncullah kaum golput. Berlandaskan keprihatinan itu, GP Ansor Bangil melakukan gerakan untuk mengajak masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April mendatang.

“Kemudian mencari formula yang bisa mendorong partisipasi warga agar terlibat secara aktif dalam pemilu, baik pileg maupun pilpres yang akan datang. Ketemulah Rabu Putih itu, Kemudian kita tetapkan sebagai sebuah gerakan, kita ajak seluruh komponen masyarakat, artinya ini bukan milik Ansor saja. Kita lempar ini ke masyarakat agar seluruh komponen masyarakat terlibat dalam gerakan Rabu Putih ini,” lanjutnya.

Baca Juga:  Pastikan Stok Hewan Kurban, Gubernur Khofifah Tinjau Pasar Hewan di Bangkalan

Menurut Gus Muafi, gerakan ’Rabu Putih’ tersebut merupakan inisiasi Ansor pusat yang diteruskan ke seluruh Ansor di Wilayah, Cabang, Anak Cabang sampai ditingkat seluruh Ranting. Gerakan yang menggunakan baju putih ini untuk mengajak masyarakat dapat ikut serta dan aktif dalam Pilpres maupun Pileg 2019.

“Kami mengajak serta masyarakat berbaju putih agar dapat memilih pemimpin yang putih dan bersih. Baju putih ini menandakan bersih, kita ingin masyarakat tidak Golput dan kita akan kerahkan anggota untuk mengajak masyarakat untuk datang ke TPS,” jelasnya.

Ajakan ini dilakukan GP Ansor agar masyarakat datang ke TPS tanpa rasa takut. Hal ini dilakukan karena GP Ansor sudah mendeteksi akan adanya kerawanan dan intimidasi untuk gerakan Golput. Oleh karena itu, GP Ansor meminta masyarakat tidak boleh larut dalam kegelisahan itu.

“Yang penting kita ingin ciptakan rasa aman, dan dapat meningkatkan jumlah pemilih, mengatakan gerakan ini sejatinya untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Dia menjamin anggota GP Ansor akan melakukan tugas ini dengan santun dan tidak melakukan provokasi.” ucapnya.

Sebanyak 1500 anggota Ansor dan Banser Se Cabang Bangil digerakan dalam aksi ini. Ribuan anggota ini rencananya akan diterjukan di tiap TPS. Gerakan baju putih akan dimulai sejak pagi setelah sholat shubuh hingga coblosan selesai pada 17 April nanti.

Baca Juga:  M. Firdaus Yulianto SH, Kasus Gugatan KSP Milan ke Kliennya Unik

Sementara, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Bangil, Mochammad Nuryadi,M. Pd atau yang biasa disapa Mas Adi menegaskan, gerakan tersebut hanya untuk mengamankan Pemilu serentak 2019.

“Ansor dan Banser ingin membantu TNI dan Polri dalam pengamanan Pemilu besok. Disini kita tidak ada pemaksaan, Ansor hanya ingin menciptakan rasa aman dan dapat membantu masyarakat agar datang ke TPS, seperti masyarakat yang sakit ataupun yang kesulitan untuk datang ke TPS,” pungkasnya.

Berikut isi pernyataan sikap:

PIMPINAN CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR CABANG BANGIL

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Dengan memohon rahmat dan ridho Allah SWT, Seluruh Kader Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Bangil menyatakan sikap :

  1. Akan menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum, 17 April 2019;
  2. Membantu Pengamanan untuk Menciptakan pemilu yang aman, Damai dan Beradab, tanpa adanya intimidasi;
  3. Membantu menjemput Pemilih yang karena keterbatasan-keterbatasan tertentu sehingga tidak bisa datang ke TPS, Mengajak mereka berangkat ke TPS untuk Datang ke TPS, mungkin ada yang sakit atau butuh kendaraan ;
  4. Senantiasa taat dan patuh terhadap lnstruksi kyai serta selalu menghormati para Habaib;
  5. Mengajak Kepada masyarakat untuk datang ke TPS, silahkan pilih yang putih dan bersih untuk kebaikan.

Demikian Penyataan sikap ini kami buat dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab.

Bangil, 31 Maret 2019

Reporter: Mohammad Adi

Redaktur: Sulaiman