oleh

Edarkan Pil Trex, Pria Ini Bakal Berlebaran di Jeruji Besi

MediaJatim.com, Banyuwangi – Pria berinsial NF pemuda Dusun Yosowinangun Desa Jaag Kecamatan Gambiran meringkuk di sel tahanan Polsek Cluring. Pria 20 Tahun ini ditangkap petugas reskrim setempat, karena terpergok bertransaksi Pil Trihexyphenidyl (Pil Trex) di jalan Dusun Tajungrejo Desa Sembulung Kecamatan Cluring, Selasa (14/5).

Kronologi penangkapan kasus peredaran obat sediaan farmas tanpa izin edar ini menurut Kapolsek Cluring Iptu Bedjo Mandrias, berawal dari informasi masyarakat. Dari informasi itu, petugas reskrim polsek setempat langsung melakukan penyelidikan di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), sekitar Pukul 05.00 WIB.

Saat itu petugas mendapati adanya dua pemuda mencurigakan di TKP, salah satunya berinisial AB (19) warga Dusun Tanjungrejo Desa Sembulung Kecamatan Cluring. Setelah dilakukan penggeledahan badan, petugas mendapat 23 butir pil trex di kantong celana pria tersebut. Dari bukti itu, pemuda ini mengaku membeli pil trex dari tersangka NF sebanyak 100 butir seharga Rp. 200 ribu.

Dari pengakuan itu, petugas berhasil menangkap tersangka NF saat kembali melakukan transaksi dengan pemuda tersebut. Saat itu juga, petugas mendapatkan barang bukti sebanyak 704 butir trex yang dibungkus plastik, 1 bandel plastik klip, dan uang tunai sebesar Rp. 150 ribu.

Ke petugas pelaku mengaku jika pil itu miliknya. Dia bisa mendapatkan pil tetsebut dengan cara membeli dari seorang yang tinggal di wilayah Rogojampi yang tidak diketahui namanya, sebanyak 1000 butir seharga Rp. 1,5 juta. Akibat perbuatan itu, pelaku langsung diglandang ke polsek setempat untuk ditindak lebih lanjut.

“Tersangka kita tahan, barang bukti sudah kita amankan. Dari bukti itu, tersangka dijerat Pasal 197 Sub Pasal 196 Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009, tentang Kesehatan,” tegas Iptu Bedjo Mandrias.

Dari pasal yang ditetapkan polisi tersebut, bisa dipastikan tersangka bakal berlebaran di sel tahanan.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman