oleh

Inginkan Perubahan, Kepala Baanar Palengaan Bersiap Maju Pilkades Palengaan Daja

MediaJatim.com, Pamekasan – Abd. Rofiq, Kepala Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan menyatakan kesiapannya maju di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Palengaan Daja, sekitar lima bulan yang akan datang.

Hal itu diungkapkan saat Magister Ekonomi tersebut ngopi bersama teman-temannya di area Taman Arek Lancor Pamekasan, Kamis sore (16/05/19).

“Cuma demi perubahan dan kemajuan desa (Palengaan Daja, red.),” ungkap mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pamekasan ini.

Rofiq melanjutkan, jika dirinya dipercaya masyarakat Palengaan Daja menduduki posisi kepala desa, ia akan mengalokasikan anggaran Rp100 juta per dusun.

“Pemerintah kan sudah mengalokasikan Rp1 miliar untuk desa. Dari situ nanti bisa dialokasikan Rp100 juta untuk setiap dusun di Palengaan Daja. Dana ini nanti bisa dikelola oleh masing-masing dusun guna kemajuan dan kemandirian ekonomi,” jelasnya.

Inisiatif itu, lanjut Rofiq, terinspirasi keberhasilan beberapa desa di Indonesia yang memanfaatkan Dana Desa dalam memajukan desanya.

“Dana itu digunakan untuk menggali potensi desa. Dari situ kemudian desanya menjadi mandiri di berbagai sektor. Bahkan, di Malang ada salah satu desa yang dulunya tertinggal, sekarang mulai dilirik dan dijadikan kiblat oleh desa-desa yang lain di Indonesia,” tandasnya.

Reporter: Ist

Redaktur: A6