Bupati Pamekasan Ajak Generasi Muda Hormati Lansia

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Peringatan Hari Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional ke-33 yang dilaksanakan di Mandhepah Ronggo Sukowati Kabupaten Pamekasan di hadiri oleh semua Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Pada kegiatan yang bertemakan “Wujudkan Lansia Mandiri, Maju, dan Sejahtera” Bupati Pamekasan Badrut Tamam ajak generasi muda hormati lansia.

RBT, panggilan akrab Badrut Tamam dalam sambutannya juga mengajak, sebaiknya tidak memanggil lansia pada warga yang sudah berumur di atas 70 tahun. Politisi PKB ini memunculkan panggilan atau kalimat baru untuk memanggil mereka, yakni senja bahagia. 

“Hari lansia, hari senja bahagia, rasanya lansia ini menjadi beban bagi kita, padahal bisa saja umur boleh sepuh namun semangat boleh muda dan karena semangat muda, bahagia kita akan senantisa sehat,” paparnya, Senin (17/6/2019).

Baca Juga:  Patut Ditiru, PT 1001 Alami Raih Penghargaan Perusahaan Rokok Terbaik

Mantan DPRD Jatim tersebut menyebut alasan kenapa dirinya ketika bertemu dengan orang yang lebih sepuh selalu mencium tangannya. Menurutnya, semua itu dilakukan karena keteladan sesepuh bisa menjadikannya orang hebat.

“Setiap bertemu orang sepuh dimanapun, saya selalu mencium tangan, karena beliau yang sudah sepuh ini, ada generasi seperti saya “ ungkapnya.

Pihaknya berharap dari peringatan Hari Lansia Nasional, menjadi pengingat kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Pamekasan supaya bisa menempatkan diri sesuai dengan posisi yang semestinya.

“Yang mengajarkan kita sekalian supaya mampu menempatkan diri kita semua, ketika berhubungan dengan orang lain, dengan orang tua, guru, dan aparatur pemerintah termasuk para sepuh yang telah menjadi jimat dan keris dalam kehidupan dengan segala kekurangan dan  kelebihan,” tambahnya.

Baca Juga:  Kritik Pemkab Pamekasan, Suporter Persepam Pasang Banyak Spanduk di Jalan

Dia juga meminta kepada generasi muda agar tidak menjadikan lansia sebagai beban. Harusnya, senja bahagia tersebut menajadi bagian dari yang masih muda guna ikut membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh generasi masa kini.

“Lansia menjadi spirit, dan guru bagi kita semua, mudah-mudahan ini bisa di apresiasi oleh generasi zaman now,” harapnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat