Ponpes Zaidul Ali Sukowono Jember Ajari Santri Hidup Sederhana dan Qana’ah

Media Jatim

MediaJatim.com, Jember – Kehidupan santri memang penuh kesederhanaan. Kehidupan demikian menjadikan seorang santri tahan banting ketika menghadapi kehidupan luar pesantren. Tak heran jika kehidupan pesantren disebut miniatur kehidupan di masyarakat.

Banyak cara yang dilakukan pesantren untuk menjadikan santri hidup sederhana. Mulai melalui halaqah, makanan yang tidak mewah, dan pakaian yang seadanya.

Hal itu juga dilakukan oleh Pondok Pesantren Zaidul Ali di Sukowono, Jember, Jawa Timur. Di Ponpes yang diasuh oleh Kiai Ali Wafi itu, cara hidup sederhana dan qana’ah diajarkan sejak awal santri masuk pesantren tersebut.

Baca Juga:  Pemkab dan UTM Teken MoU, RSUD Smart Pamekasan Akan Jadi Rumah Sakit Pendidikan

Tahun ini, pihak Ponpes Zaidul Ali mengemas dengan sedemikian menarik. Pasalnya, cara hidup sederhana itu diajarkan melalui seminar kepesantrenan diikuti Bakti Sosial. Acara tersebut mengangkat tema “Bimbingan bagi Santri Baru untuk Hidup Sederhana dan Qana’ah”, Kamis (11/07/2019).

Acara tersebut diisi oleh Muhammad Anas Syamsul Arifin di Madrasah Tsanawiyah Ponpes Zaidul Ali.

Menurut pemateri, pesantren adalah tempat yang tepat untuk mencetak putra bangsa ini berjiwa Qur’ani, Hidup Qana’ah, dan sederhana.

“Sejak dulu sampai sekarang, pesantren selalu menjadi kepercayaan masyarakat untuk mendidik anak-anaknya,” petikan penyampaian Muhammad Anas.

Baca Juga:  Juarai IMSO 2019 di Vietnam, Siswi SDI Al Munawarah Disambut Luar Biasa

Reporter: G. Abdullah

Redaktur: Zul