SMPN 1 Tegalsiwalan Biasakan Siswanya Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah

  • Bagikan

MediaJatim.com, Jember – Kepala Sekolah SMPN I Tegalsiwalan, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Syaiful Anam, saat apel Masa Pengenelan Lingkungan Sekolah (MPLS) menegaskan agar siswa SMPN I Tegalsiwalan menjungjung tinggi sikap spiritual dan sikap sosial, Rabu (17/7) Pagi.

“Sikap Spiritual dan sikap sosial merupakan indikator kurikulum K13 yang diterapkan di lembaga SMPN I Tegalsiwalan. Sikap ini menjadi penekanan kami kepada siswa-siswi supaya mereka menjadi siswa yang berakhlak mulya,” tegasnya.

Menurutnya, guna mendorong siswa agar terbiasa lengket dengan suasana agamis, maka pihak sekolah membuat program shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah. Tujuannya supaya mereka terbiasa melakukan hal-hal yang positif yang sesuai ajaran agama Islam. Di samping itu juga dianjujrkan kepada mereka jika ada temannya yang sakit atau terkena musibah untuk menjenguknya.

Baca Juga:  Tiga Rahasia Sukses MTsN Sumber Bungur Borong Penghargaan di Thailand

“Penerapan Praktik seperti ini sepel namun manfaatnya sangat luar biasa sekali kepada mereka. Jika, mereka tidak dilatih ada pembiasaan mulai sejak saat sekarang maka mereka akan mudah menyepelakan hal-hal yang sederhana tapi, manfaatnya sangat luarbiasa,” ujar Syaiful.

Lebih lanjut Syaiful mengatakan bahwa SMPN I Tegalsiwalan sub rayon 05 membawahi 18 lembaga SMP negeri maupun swasta. Jadi secara tidak langsung SMPN I Tegalsiwalan dipercaya menjadi sekolah percontohan dari lembaga 18 tersebut.

“Jadi saya harap kepada siswa baru kelas VII untuk bisa bersikap baik, khususnya bagi siswa- VIII-IX membimbing dan memberikan contoh prilaku yang baik kepada para adik-adik kelasnya. Jangan sampai siswa SMPN I Tegalsiwalan penampilan tidak etis, semisal rambutnya disemir itu, jelas-jelas kami larang,” pungkas Syaiful.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Peduli Pendidikan PAUD

Reporter: Alfin

Redaktur: A6

  • Bagikan
WhatsApp chat