PKN IAI Al-Khairat Gelar Training of Trainers Tahsin Al-Quran untuk Guru Ngaji

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Peserta Posko 9 Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan yang ditempatkan di Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan menggelar Pelatihan Penataran Guru Ngaji Training of Trainers Tahsin Al-Qur’an bertempat di Lembaga Pendidikan Islam Darul Falah, Jum’at(19/07/2019).

Sebanyak 54 peserta yang meliputi perangkat desa, para guru ngaji dan peserta KPM IAIN Madura mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan khidmat.

Nur Azizah selaku Koordinator Desa Posko 9 PKN Al-Khairat mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini tidak lain, agar peserta dapat mendalami keilmuan di bidang Tajwid.

Baca Juga:  SMPN 1 Muncar Santuni Yatim Piatu

“Dengan mengikuti pelatihan ini peserta dapat meningkatkan pengetahuan tentang Tahsin Al-Qur’an dengan mengimplementasikan makharij Al-huruf yang benar,” kata Azizah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Kertagena Tengah, Suto Abdurrahman mengaku senang dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh peserta PKN Posko 9 tersebut.

“Alhamdulillah. Kegiatan ToT Tahsin Al-Qur’an ini tentu sangat berdampak bagus bagi para guru-guru ngaji yang ada di Desa Kertagena Tengah. Saya merasa bersyukur Posko 9 dari Al-Khairat bisa merealisasikan program seperti ini,” ungkap Kades Suto.

Sementara Suruto Suruji selaku pemateri menjelaskan, kegiatan seperti sangat diperlukan oleh guru-guru ngaji, sehingga lebih bisa hati-hati dalam pengejaan makharijul huruf.

Baca Juga:  Dua Mahasiswa IAIN Madura Juara MTQ Internasional

“Guru-guru ngaji sangat perlu mengoreksi dan lebih hati-hati dalam pengejaan. Ini sangat perlu, sebab saya masih banyak menjumpai guru ngaji salah eja di makharijul huruf,” jelasnya.

Kegiatan ini memang memiliki dampak yang sangat besar. Terbukti, salah satu peserta, Zainal Abidin mengaku sangat terbantu dengan adanya program seperti ini.

“Saya mendapatkan pengetahuan lebih dalam Tahsin Al-Qur’an. Dan lebih mantap lagi untuk mengaplikasikan kepada para santri-santri di rumah,” tegasnya.

Reporter: Liman

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat