Pantau Pertumbuhan Anak, Mahasiswa UMM Lakukan Screening Kesehatan

Media Jatim

MediaJatim.com, Malang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan screening kesehatan yang dilaksanakan di dua lokasi TK yang berbeda yaitu TK Miftahul Ulum & As- Shofwan berlokasi di Desa Urek urek kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata kelompok 42 yang didampingi oleh Dra. Sri Nastiti A, M. M. Kegiatan ini dilakukan bertahap selama dua hari pada tangal 26-27 juli 2019.

Baca Juga:  Praktik Pungli di SDN 1 Waru Barat Berdalih Uang Bangku

Screening kesehatan dilakukan satu persatu dari pemeriksaan tinggi badan, Berat badan, pengukuran lingkar kepala dan terakhir pemeriksaan gigi.

“Screening Kesehatan dilakukan untuk mengetahui status gizi dengan harapan mengedukasi orang tua dan pihak sekolah,” kata Rizky selaku ketua Divisi Lingkungan KKN UMM Kelompok 42.

Kegiatan ini mengacu pada program Kementrian Kesehatan untuk mendeteksi kejadian stunting, yang merupakan suatu kondisi ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan umur.

“Dengan begitu Screening kesehatan ini diharapkan dapat memantau tumbuh kembang pada anak untuk yang lebih baik,” tambahnya.

Baca Juga:  KKN UMM 15 Lakukan KBM di Dua Sekolah Dasar

Sedangkan, Kordinator Desa kelompok KKN UMM Kelompok 42 Romi berharap kegiatan Screening Kesehatan ini kedepannya dapat menjangkau lebih banyak Lembaga Pendidikan.

“Karena Screening Kesehatan semacam ini dapat membantu dan mengetahui status Gizi yang mungkin kurang diperhatikan oleh pola asuh Orang tua,” papar Romi.

Sambutan dan respon positif berdatangan atas terselenggaranya kegiatan ini, termasuk dari para guru. Mereka menginginkan terus terlaksana sebab program semacam ini dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul

Respon (1)

Komentar ditutup.