Hadapi Era Industri 4.0, Zayyadi: Kita Perlu Generasi Hebat

  • Bagikan
Moh. Zayyadi saat menjadi narasumber acara Seminar Motivasi Pemuda Hebat di SMK Darul Falah, Kertagena Tengah, Rabu (31/7/2019), (Zul).

MediaJatim.com, Pamekasan – Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Proses produksi di seluruh dunia yang mengombinasikan tiga unsur penting, yakni manusia, mesin/robot dan big data. Dengan ini, akses informasi dan penyelesaian pekerjaan akan semakin mudah.

Maka dari itu, mempersiapkan generasi muda yang hebat perlu digalakkan demi masa depan bangsa yang lebih cerah. Sebab, pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya dibebani bermacam-macam harapan, termasuk dalam menghadapi persoalan bangsa ke depan.

“Kita tahu, nasib bangsa ada di tangan pemuda hari ini. Mari kita persiapkan bagaimana generasi muda saat ini menjadi generasi yang adaptif, cerdas, kreatif dan bebas narkoba,” ujar Moh. Zayyadi saat menjadi narasumber Seminar Motivasi Menjadi Pemuda Hebat di Era Industri 4.0, di SMK Darul Falah, Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga:  Komitmen Bupati Pamekasan; Hanya Berkhidmat untuk Rakyat

Tidak dapat dipungkiri, pemuda sekarang masih banyak yang belum bisa memanfaat kemajuan teknologi ke arah lebih baik. Sering kita jumpai generasi ini masih banyak melakukan hal-hal yang kurang baik, seperti hanya gemar berselfi ria, candu narkoba, seks bebas dan kenakalan remaja lainnya.

“Ini perlu perhatian khusus, motivasi atau dorongan perubahan minset atau pola pikir harus terus digalakkan. Kalau tidak, pemuda kita akan terjerumus dan akan berdampak tragis pada masa depan bangsa,” jelas salah satu pemuda pelopor Anti Narkoba di Pamekasan itu saat ditemui usai acara berlangsung.

Baca Juga:  Internet dating Tips - Getting a Earliest Message Out of a Woman On-line

Namun menurut dosen muda Universitas Madura itu, generasi hebat tidak hanya bisa beradaptasi dengan baik terhadap pola perkembangan zaman, akan tetapi juga bisa menyelaraskan dengan budaya lokal yang ada.

“Kecanggihan teknologi juga harus diimbangi dengan budaya atau kearifan lokal. Pemuda yang hebat itu mampu mengkombinasikan dua hal tersebut,” tegasnya.

Tentu ikut campur segala pihak termasuk pemerintah, lingkungan dan keluarga sangat penting untuk bahu-membahu menciptakan pemuda yang berkarakter.

“Kita perlu generasi yang hebat. Semuanya bisa terbentuk melalui olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga,” pungkasnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat