Perangi Narkoba, P4GN Gelar Sosialisasi di MAN Pacitan

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pacitan – Guna menciptakan dunia pendidikan yang bebas dari narkoba, Tim Satuan Pelaksana (Satlak) Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Obat /Bahan Berbahaya (P4GN) menggelar sosialisasi bahaya narkoba di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacitan, Jumat (2/8/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan tersebut, bertujuan agar siswa dan siswi dapat mengerti tentang bahaya narkoba dan sangksi hukum berat yang harus didapat bagi pengguna narkoba.

Dalam sambutannya Drs.H. Muhammad Kholid Masruri, M.Si., Kepala Sekolah MAN Pacitan sangat megapresiasi atas kegiatan yang berlangsung tersebut. Ia berharap dengan sosialisasi ini dapat memotivasi maupun edukasi terkait bahaya penggunaan narkoba terutama di kalangan pelajar.

Baca Juga:  BPOM Pusat Pastikan Makarel Aman Dikonsumsi

“Anak-anak sangat membutuhkan ilmu, pengalaman serta informasi utamanya dari bahaya penggunaan narkoba. Selain itu anak-anak dapat mengetahui mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak boleh diperbolehkan. Semoga Kegiatan ini terus berlanjut, karena sangat berguna dan dapat memotivasi siswa,” ujarnya.

Sementara itu, Aiptu Sri Sadono, Kaur Mintu Polres Pacitan sekaligus pemateri sosialisasi menyampaikan, bahwa narkoba terdapat dua jenis, yakni sabu dan ganja. Menurutnya, kebanyakan dari pemakai itu membeli dengan paket hemat.

Meski demikian, ia mengimbau kepada siswa/siswi di MAN Pacitan ini agar pandai-pandai dalam mencari teman bergaul, dan jangan tergiur maupun ingin coba-coba.

“Seandainya saja siswa dan siswi di MAN Pacitan ini ada indikasi tidak mau makan, sulit tidur, badan kurus dan lainnya, perlu dicurigai, tidak menutup kemungkinan itu bagian dari ciri-ciri pengguna narkoba,” jelasnya.

Baca Juga:  KEI Silaturrahmi dengan Wartawan

Hal berbeda disampaikan Juri, S.Sos, MM, Tim P4GN Pacitan. Dalam paparannya ia lebih menyarankan kepada generasi muda untuk fokus dalam menggapai cita-cita.

“Fokus itu penting, kegagalan sering terjadi karena kita tidak fokus. Selain itu, fenomena yang ada sekarang contohnya handphone, itu akan mengurangi kegiatan bersosial terhadap rekan bermain maupun rekan kerja,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba di MAN Pacitan tersebut diikuti sekitar 190 siswa/siswi. Dan menurut pantauan, selama kegiatan berlangsung berjalan kondusif.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat