TPID Banyuwangi Kluster Utara Gelar PDSM Cegah Stunting

  • Bagikan

MediaJatim.com,Banyuwangi – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kluster Utara Kabupaten Banyuwangi menggelar PSDM (Pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia). Pelatihan ini merupakan program inovasi untuk pencegahan Stunting di perdesaan.

Selamet Pribadi ketua panitia kegiatan mengatakan, peserta yang dilibatkan dalam pelatihan ini 1 orang dari unsur Kader Pengembang Masyarakat (KPM), 1 orang Pemerintah Desa (Pemdes) dan 1 orang Pendamping Desa (PD) dari Kecamatan Wongsorejo, Giri, Glagah, Licin, Kabat, Rogojampi, Blimbingsari , Singojuruh, Songgon dan Srono.

Kecamatan Kalipuro juga dilibatkan dalam pelatihan pencehahan penyakit tinggi badan kurang normal faktor dari gizi tersebut, sekaligus untuk pematapan pemahaman cara penanganan stanting yang baik dan benar oleh kader KPM yang sudah terbentuk di desa,” jelasnya.

Baca Juga:  Diskop Pamekasan Tingkatkan Koperasi Ber-NIK

Kegaiatan yang digelar di Hotel Tanjung Asri Banyuwangi, Senin (26/8) dibuka oleh Trie FM Witarseno Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-d) Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sambutannya, dia sangat mengapresiasi program yang dicanangkan pemerintah pusat untuk pencegahan stunting sejak dini dan berharap, program inovasi desa ini bisa berjalan maksimal, supaya masyarakat di desa bebas stunting.

“Ujung tombaknya KPM desa. Saya berharap ketiga unsur ini bisa bersinergi untuk pencegahan stunting yang baik,” jelasnya.

Menurutnya, program inovasi tersebut kedepannya merupakan salah satu sarat pencairan dana desa. Maka dari itu, inovasi desa harus terus digalakkan untuk Banyuwangi yang terdepan.

Baca Juga:  Jenazah Sulikah TKI Hongkong Segera Dipulangkan

“Ini salah satu syarat pencairan dana di desa di tahun berikutnya,” pungkas Trie, yang juga Ketua Tim Inovasi Kabupaten Banyuwangi, tersebut.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat