Warganet Kawal Medsos Agar Steril Dari Paham Radikalisme

Media Jatim
Diskusi media yang diselenggarakan Social Media for Civic Education (SMCE) dengan tema 'Medsos, Rekonsiliasi Nasional dan Ancaman Radikalisme, Selasa (27/8/2019) di Hotel Central, Jl. Pramuka, Jakarta Pusat, (Foto: KMI)

MediaJatim.com, Jakarta – Diskusi bersama berbagai kalangan Warganet dan insan media yang mengupas soal ‘Medsos, Rekonsiliasi Nasional dan Ancaman Radikalisme’, dengan menghadirkan para narasumber Prof. Dr. Indria Samego, MA (Analis politik LIPI), Abdul Kadir Karding (Politisi PKB), Roy Abimanyu ( Staf Ahli KSP) , Hafiz Marshal (Pemred Kata Indonesia.com/Kordinator FPMSI) sukses digelar di Jakarta.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Social Media for Civic Education (SMCE) bersama Forum Pegiat Media Sosial Independen/FPMSI di Hotel Sentral Jakarta Pusat pada Selasa 27 Agustus 2019.

Menurut Wasil Direktur Eksekutif SMCE, diskusi ini menarik kesimpulan bahwa media sosial kerapkali dimanfaatkan untuk menyebar konten radikalisme dan paham transnasional yang justru mengancam persatuan dan keutuhan (integrasi) bangsa.

“Dalam menggunakan medsos yang sehat diperlukan komitmen dan berbagai upaya terus menerus khususnya dari kalangan warganet agar menempatkan posisi strategis media sosial kembali berperan sebagai media transformasi berita, yang mengandung literasi dan edukasi. Selain itu juga bisa mencerahkan dan sejatinya tidak menyebarkan konten hoax dan negatip lainnya yang menyebabkan negara tidak kondusif, apalagi menyebar konten berbau paham radikalisme,” terang Wasil.

Berikut intisari dari diskusi tersebut yang disampaikan oleh Wasil ( Direktur eksekutif SMCE) yang mengatakan bahwa media sosial saat ini mengalami semacam “pergeseran paradigma” maka sudah seharusnya media sosial menjadi instrumen yang positif yaitu dengan menjaga suasana relasi antar anak bangsa tetap kondusif, tenang, adem dan tentram. Dengan begitu, akselerasi pembangunan kedepan dapat segera direalisasikan karena tidak lagi berhadapan dengan situasi gaduh yang tidak kondusif sehingga dapat mempercepat laju pembangunan di segala bidang.

Baca Juga:  Jalan Kabupaten di Desa Nglaran Pacitan Segera Dapat Perbaikan

Sementara itu Pemimpin Redaksi Media Kataindonesia sekaligus pendiri FPMSI Hafyz Marshal mengatakan, demi memaknai momentum 17 Agustus 2019 HUT kemerdekaan Indonesia, setidaknya memaknai hari sakral ini dengan spirit baru, yaitu mengharapkan peran Warganet dan eksponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama membuat kondusif jagad media publik.

Menurut Hafys media sosial kerap menjadi paradoks karena kehilangan fungsi dan perannya sebagai pilar demokrasi dalam melawan berbagai konten negatif hoax dan radikalisme.

“Sejatinya Warganet punya tanggung jawab kebangsaan untuk turut serta berkontribusi mensukseskan pembangunan kedepan, paling tidak menciptakan situasi kondusif, yang salah satunya melawan propaganda hoaxs dan penyebaran radikalisme di Medsos sehingga tidak timbul kegaduhan dan simpang siur pemberitaan serta terganggunya spirit kebangsaan,”ungkap Hafyz.

Acara diskusi yang dihadiri kalangan warganet dan aktivis pers kampus serta kalangan jurnalis ini juga mendeklarasikan pernyataan sikap kalangan Pegiat Media Sosial berisi

Banner Iklan Media Jatim

DENGAN SEMANGAT KEMERDEKAAN DAN PERSATUAN KAMI PEGIAT MEDIA SOSIAL MENYATAKAN :

Baca Juga:  Rumah Zakat Action Respon Bencana Alam Erupsi Gunung Ile Lewatolok dan Gunung Semeru

PERTAMA, Kami siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila Dan Undang–Undang Dasar 1945 serta merawat Kebhinekaan Bangsa Indonesia Demi Persatuan Indonesia.

KEDUA, Kami Siap Melawan Berita Hoax, Ujaran Kebencian Atas Dasar SARA Maupun Penyebaran Radikalisme di Media Sosial Dengan Memproduksi Konten-Konten Positip Yang Menumbuhkan Optimisme Dan Semangat Rekonsiliasi Nasional Untuk Kemajuan Bangsa.

KETIGA, Kami Siap Bergotong Royong Menjaga Kondusifitas Diruang Media Publik Serta Mendukung Suksesnya Pembangunan Dan Kepemimpinan Nasional Lima Tahun Kedepan Menuju Indonesia Maju Yang Adil Dan Makmur.

Pada acara diskusi tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah pemenang kompetisi narasi Positif yang diselenggarakan oleh FPMSI kepada kalangan Wargsnet (bloger/vloger/youtuber, dan konten kreator), serta kaum milineal sejak 5 sampai 26 Agustus 2019.

Itulah intisari dari diskusi SMCE bersama FPMSI dan berbagai kalangan Warganet serta insan media , maupun elemen lainnya pada Selasa 27 Agustus 2019 ini di Hotel Central di kawasan Jakarta Pusat.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul