Bupati Pamekasan Akan Wujudkan Desa Bersholawat

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam akan wujudkan Desa Bersholawat, yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September ini di seluruh desa di Kabupaten Pamekasan.

Rencana pelaksanaan kegiatan tersebut disampaikan dalam sambutan peringatan tahun baru Hijriyah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan yang dikemas dengan Festival Muharram 1441 H, dalam kegiatan Pamekasan Bersholawat dengan tema ‘Menyelami Wisata Jiwa Menggapai cinta Rasul’ bersama Syubbanul Muslimin Probolinggo.

Kegiatan yang dihadiri oleh 1000 orang lebih itu dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019 yang bertepatan pada tanggal 1 Muharram dan bertempat di Lapangan Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan, Pemkab Pamekasan mempunyai 5 program prioritas yang termasuk di dalamnya mendorong kesejahteraan, kemakmuran yang merata di semua desa, dengan begitu di dalamnya termasuk rancangan kegiatan shalawat setiap bulan di setiap desa yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Baca Juga:  Pengasuh Ponpes Sidogiri Wafat, PBNU Instruksikan Nahdliyin Shalat Ghaib

“Kita akan mendorong kegiatan bershalawat di setiap desa di Kabupaten Pamekasan,” paparnya.

Program tersebut merupakan salah satu bentuk dari kecintaan kepada Nabi Akhiruzzaman, nabi besar Muhammad Saw, sehingga momentum peringatan 1 hijriyah tersebut bisa ada program yang berkelanjutan untuk kesejukan dan kondusivitas kabupaten Gerbang Salam.

“Shalawat merupakan ekpresi dari kecintaan kita kepada nabi Muhammad Saw,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan, jika Allah tidak menciptakan Nabi Muhammad Saw, maka gusti Allah tidak akan menciptakan dunia ini, karenanya mencintainya tidak cukup hanya kita lafalkan, tetapi terutama dengan meniru akhlak nabi Muhammad Saw.

Baca Juga:  Pamekasan Pertahankan WTP untuk Kelima Kalinya

“Akhlak kasih sayang, akhlak mencintai tetangga dan masyarakat, akhlak mendorong kemakmuran dan keadilan,” jelasnya.

Di peringatan malam 1 Muharram tersebut, Pemkab Pamekasan sengaja mengisinya dengan kegiatan Pamekasan Bershawalat, dengan harapan agar semakin menebalkan kecintaan kepada nabi Muhammad Saw dengan mengingat semangat hijrah yang beliau lakukan untuk menegakkan agama Allah.

“Pada malam ini merupakan peringatan hijrah nabi dari Makkah ke Madinah yang diperingati dengan shalawat bersama bersama masyarakat Pamekasan dan para forkompimda, serta para tokoh bangsa lainnya. Untuk kemudian merefleksikan kecintaan kita pada nabi Muhammad Saw,” pungkasnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat