Politisi NasDem Siap Maju di Pilkada Sumenep

Media Jatim
Abdul Azis Syalim Syabibi, (Foto: Ist).

MediaJatim.com, Sumenep – Abdul Azis Syalim Syabibi ST menyatakan positif maju sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kabupaten Sumenep periode 2020-2025. Politisi Partai Nasdem ini akan maju lewat jalur perseorangan atau independen dengan nama ‘Koalisi Rakyat’.

“Saya akan maju sebagai Bakal Calon Bupati Sumenep lewat jalur independen, doakan lancar dan sukses,” kata Bang Azis sapaan akrabnya saat di wawancarai, Rabu (04/09/2019) di Sumenep.

Kata Bang Azis, jumlah penduduk Sumenep ada sekitar 1.100.000 jiwa dan daftar pemilih tetap sekitar 850.000 jiwa. Sehingga lanjut Azis, dukungan 10 persen dari KTP perseorangan adalah sebanyak 85.000 jiwa.

“Saya bersama Tim Koalisi Rakyat sedang fokus mengumpulkan dukungan masyatakat dibuktikan dengan KTP sebanyak 200.000 lembar,” tandas Bang Azis.

Selain itu kata Bang Azis, dirinya akan membangun Koalisi Rakyat dan mengajak semua elemen masyarakat, baik Kiai, Aktivis, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Organisasi kemasyarakatan untuk bersama- sama membangun Sumenep. Hal ini dalam rangka mengawal dan melakukan gerakan perubahan menuju Sumenep Bangkit agar keluar dari ketertinggalan.

“Dengan jalur independen jalur aspirasi akan lebih mudah bergerak, lepas dari sekat-sekat kepentingan pragmatis. Lewat Koalisi Rakyat Sumenep, aspirasi akan kita terima untuk dijadikan dasar dalam mengambil kebijakan membangun Sumenep kedepannya,” terang Bang Azis.

Baca Juga:  NU, Garam yang Mewarnai Rasa

Sementara itu Syafrudin Budiman SIP, Ketua Konvensi Rakyat Sumenep (KRS) yang merupakan wadah menjaring pemimpin Sumenep menyambut gembira, semakin banyaknya calon independen atau lewat parpol. Sebab kata pria yang biasa disapa Syafrudin ini, semakin banyak calon semakin terjaring pemimpin yang berkualitas.

“Abdul Azis Syalim Syabibi adalah peserta Konvensi Rakyat Sumenep (KRS) I 2015 lalu dan tentunya akan kita dorong agar bisa berjuang membangun Sumenep. Adapun KRS II di 2020 ini akan merilis nama-nama kandidat baru yang muda, milenial, visioner dan memiliki kapasitas-kapabilitas,” ujarnya.

Menurut Syafrudin, selain lewat dukungan partai politik, kandidat Bacabup bisa melalui independen atau perseorangan. Dalam pasal 42 UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada tegas mengatakan, pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah dapat diajukan secara perseorangan apabila mereka dapat mengumpulkan dukungan berupa kartu identitas penduduk (KTP) sebanyak 6,5 hingga 10 persen dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada sebelumnya.

Banner Iklan Media Jatim

“Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 29 September 2015, calon perorangan harus kumpulkan KTP 10% di daerah dengan jumlah DPT sampai 2.000.000 orang, 8,5% di daerah dengan DPT antara 2.000.000 dan 6.000.000 orang, 7,5% di daerah dengan DPT antara 6.000.000-12.000.000 orang, dan 6.5% di daerah dengan DPT di atas 12.000.000 orang,” jelas Syafrudin yang Sarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini.

Baca Juga:  PPS Desa Jungkat Kecamatan Raas Tempel Daftar Pemilih Sementara

Dirinya berharap pada Pilkada yang akan datang semakin banyak kandidat, maka akan semakin meningkatkan kualitas demokrasi di Sumenep. Bahkan diharapkan yang terpilih bukan saja dari kalangan kyai saja, bisa dari aktivis, tokoh perempuan, tehnokrat, politisi, akademisi, intelektual dan pengusaha.

“Ada beberapa nama yang sudah dijaring KRS, diantaranya, Abdul Azis Syalim Syabibie, Hairul Anwar, Hj. Nur Fitriyana Busro, KH. Unais Ali Hisyam, Azasi Hasan, Novi Sudjatmiko, Achmad Fauzi, Hj. Dewi Khalifah, KH. Moh Shalahuddin Warist, dll. Semuanya akan diseleksi secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, mana yang terbaik akan kita dukung agar lahir pemimpin terbaik di Sumenep,” jelas Syafrudin yang aktif sebagai Konsultan Media dan Politik ini.

Biodata Azis Syalim Syabibi, ST

Pendidikan:
1980-1986 SDN Pabian Sumenep
1986-1989 SMPN 1 Arjasa Sumenep
1989-1993 SMA Pesantren Sumenep

Riwayat Organisasi:
1999 Ketua LSM FORMAK KETUA
2002 Ketua FK LSM Se- Madura
2006 Ketua GAPEKNAS Sumenep
2006 Sekretaris Partai Bintang Reformasi (PBR) Sumenep
2012 Sekretaris Partai Demokrat Sumenep
2015-2018 Ketua Partai NasDem Sumenep

Reporter: Ist

Redaktur: Zul