Petani Tagih Janji Politik Bupati Pamekasan, Ini Jawaban Baddrut Tamam

  • Bagikan
Bupati Pamekasan, H Baddrut Tamam, (Foto: Pamekasan Hebat).

MediaJatim.com, Pamekasan – Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam kembali didemo petani yang menagih janji politiknya yang disampaikan saat masa kampanye Pilkada Pamekasan tahun 2018 lalu. Baddrut Tamam berjanji akan meningkatkan harga jual tembakau milik petani.

Saat demo petani tembakau pada tanggal 28 Agustus 2019 lalu, Bupati mantan aktivis itu tidak bisa menemui para demontran. Massa pendemo hanya ditemui oleh kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan.

Namun, berbeda dengan aksi jilid 2 terkait harga tembakau di Pamekasan ini. Bupati Baddrut Tamam langsung menemui pendemo. Dihadapan massa demo, ia menyampaikan terima kasih telah sudi menjadi alat kontrol pemerintah dalam menjalankan kebijakan.

Baca Juga:  Polsek Cluring Tangkap Dua Pengedar Pil Trex

“Terima kasih telah sudi menjadi kontrol dari masyarakat terhadap pemerintah,” kata Baddrut Tamam.

Baddrut menegaskan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pabrikan dan menyepakati tidak boleh membeli tembakau di bawah harga minimal.

“Pemerintah dengan 9 pabrikan sudah melakukan komunikasi. Dan sudah menyepakati tidak boleh membeli tembakau di bawah harga minimal, Rp 42.600,” jelas Baddrut.

Ditengah desakan para demonstran, Baddrut berjanji akan menempuh beberapa langkah sebagai usaha memperbaiki harga tembakau di Pamekasan, termasuk kemungkinan akan merombak Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Niaga, Budaya dan Perlindungan Tembakau Madura dengan melibatkan pihak terkait.

Baca Juga:  Raker dengan Bupati Pamekasan, Ketua DPD RI Bicara Kekuatan Ekonomi Daerah Hingga Provinsi Madura

“Perda Tembakau diusahakan akan diubah. Tujuannya gar lebih berpihak kepada masyarakat atau petani tembakau,” imbuhnya.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur itu juga mengakui sudah melakukan usaha sejak bulan Maret lalu untuk bisa menaikan harga tembakau di Pamekasan.

“Kami sudah berikhtiar maksimal memperjuangkan harga tembakau, termasuk mengumpulkan seluruh pemilik gudang,” pungkasnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat