Hari Ini, Pelatihan Totok Sapu Jagat Berlangsung di Pamekasan

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Kiai M Andik Hartanto selaku Pembina Assyifa Thibhun Nabawi (ATN) Pusat, menjadi pemateri Pelatihan Terapis Aswaja, Ahad (13/10). Pria asal Nganjuk tersebut melatih peserta di Aula Yayasan As-Salama, Pamoroh, Kadur, Pamekasan.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan terapis dari Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep. Mereka tampak khidmat dan bersemangat menjalani pelatihan.

Ketua Panitia Ustaz Idris menegaskan, semoga peserta pelatihan ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah.

“Seperti dawuh Kiai Andik, pelatihan hari ini dibagi dua tahap. Pelatihan level 1 di pagi hari. Setelah itu ada pendalaman di sore harinya,” ungkap Ustaz Idris.

Baca Juga:  Yuk Kepoin Rujak Lontongnya Si Goyang Mendut

Ketua Yayasan As-Salama Kiai Ahmad Rofiqi mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, masyarakat banyak yang membutuhkan jasa terapis.

“Semakin banyak terapis, insya Allah masyarakat banyak yang terbantu,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, Kiai Andik memaparkan, totok sapu jagat ini sifatnya seluruh tubuh, tidak hanya beberapa titik fisik. Nanti ada tambahan totok kejantanan.

“Nanti kita ajarkan di sini. Totok sapu jagat nanti mengarah pada 3 metode: totok jari, totok getar, dan totok getar terpadu (pijat kombinasi,” ungkapnya.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: A6

  • Bagikan
WhatsApp chat