Ponpes Minhajut Thullab Semarakan Hari Santri

  • Bagikan

MediaJatim.com, Banyuwangi – Hari Santri Nasional diperingati di seluruh Indonesia. Di Banyuwangi Jawa Timur, seluruh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajut Thullab Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar juga menyemarakkan hari jadi yang diperingati setiap Tanggal 22 Oktober tersebut, di halaman ponpes setempat, Selasa (22/10).

Gus Hendra mengatakan, kegiatan itu digelar sejak Pukul 05.30 WIB. Seluruh santri putra dan putri dari tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengenakan baju serba putih, berbusana ciri khas santri, didampingi seluruh dewan guru.

Baca Juga:  Alumni Al-Mukhlisin Berikan Kegiatan Serial Edukatif Untuk Adik Tingkatnya

“Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan, berkumpul di halaman sembari menunggu acara mulai,” terang Sekertaris Minhajut Thullab, tersebut.

Lanjutnya, peringatan hari santri dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, berlanjut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, disusul lagu Yalawaton dipandu paduan suara.

“Inti acara KH. Hakim Asyafuq, pengasuh Ponpes Minhajut Thullab memberikan pesan ke seluruh santri untuk selalu mencintai NKRI dan menjunjung tinggi ideologi Pancasila, mengamalkan nilai yang terkandung pada batang tubuh Pancasila baik dalam kehidupan sehari hari, berbangsa, dan bernegara,” jelasnya.

Kyai Haji Fahrudin Abdul Mannan selaku dewan masyayih memimpin do’a serta mendoakan seluruh peserta, keluarga besar, dan masyarakat Indonesia dilimpahkan nikmat sehat dan rizki yang barokah, serta Bangsa Indonesia selalu menjadi bangsa yang besar, maju, bermartabat, serta dijauhkan dari segala gangguan yang mengancam kedaulatan NKRI.

Baca Juga:  MKK, Santri Bata-Bata Borong Dua Piala

“Puncak acara, kirab santri mengelilingi Desa Sumberberas Kecamatan Muncar diakhiri pembagian dorprize ke para santri,” pungkas Dosen IKIP PGRI tersebut.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat