Firman: Jangan Ganggu Hak Prerogatif Presiden!

MediaJatim.com, Surabaya – Pembina Jaringan Solidaritas Masyarakat Membangun Negara Indonesia Hebat (JASMERAH) Firman Syah Ali, meminta segenap lapisan masyarakat berhenti nyinyir terhadap Hak Prerogatif Presiden.

Menurutnya, Presiden RI dipilih oleh rakyat, berarti rakyat percaya kepada Presiden, rakyat telah memberikan hak prerogatif kepada Presiden. Siapapun yang telah ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi pembantunya, rakyat tidak perlu usil dan nyinyir lagi. Apalagi jikalau pihak yang usil dan nyinyir tersebut justru merupakan orang-orang yang terang-terangan mendukung dan memilih Jokowi sebagai Presiden RI.

DLH Pamekasan

Cak Firman menguraikan bahwa demokrasi itu bukan sesuatu yang ngawur. Kedaulatan memang di tangan rakyat, tapi rakyat telah menyerahkan banyak haknya kepada Presiden dan wakil rakyat melalui Pemilu.

Di antara hak-hak rakyat yang telah diserahkan kepada Presiden adalah hak untuk menjalankan pemerintahan. Presiden diberi hak prerogatif menunjuk pembantu-pembantunya agar pemerintahan dan pembangunan berjalan dengan baik dan kondusif.

Baca Juga:  JNE Jember Dukung Sepakbola Indonesia dengan Sponsori Persid

Kalau pembentukan kabinet terlalu dicampuri masyarakat, maka bisa-bisa Presiden terpaksa memilih orang-orang yang kurang bisa diajak kerjasama untuk menjadi pembantunya, walhasil pemerintahan dan pembangunan tidak akan efektif dan fungsi dasar Presiden sebagai pelayan masyarakat menjadi terganggu.

“Kita telah memilih beliau, berarti kita percaya beliau, mari kita jangan usil terhadap pelaksanaan hak prerogatif beliau,” pungkas Bakal Calon Walikota Surabaya ini.

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Sulaiman