PERMATA SEKAR: Pramuka Siap Jemput Era 4.0 dengan Akhlakul Karimah

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Pramuka kini tidak hanya dikenal dengan tepuk dan nyanyian belaka. Terbukti dalam acara Perkemahan Tamu Ambalan Raden Segoro R.A Tunjung Sekar VI (PERMATA SEKAR) Pangkalan SMK Negeri 3 Pamekasan terlihat lebih mengacu pada perkembangan karakter peserta.

Perkemahan yang berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 1 – 3 November 2019 tersebut mengangkat tema “Pramuka Siap Menjemput Era 4.0 dengan Akhlaqul Karimah. Kegiatan yang diikuti sekitar 400 orang peserta itu dibuka dengan Deville dan Seni Tari Pamekasam Hebat.

Dalam kegiatan ini pula berlangsung pemaparan tentang Pramuka Anti Hoax dan Pramuka Era 4.0 yang diisi langsung oleh perwakilan pengurus Kwarwil Pramuka Jawa Timur. Abdul Hamid sebagai pembina Pramuka di gugus depan memaparkan kegiatan ini merupakan agenda tahunan pangkalan SMK Negeri 3 Pamekasan.

Baca Juga:  YASPI Al-Ghazali Desa Ragang Gelar Lomba Edukatif

“Kemah ini masuk agenda tahunan di Pangkalan kami. Yang diperuntukkan kepada setiap siswa kelas X semua jurusan,” kata Abdul Hamid.

Selain mengenalkan materi Kepramukaan, tambah Abdul Hamid, pihaknya juga memfokuskan kepada nilai nilai Nasionalisme, Kemandirian, Religius, Integritas, dan Gotong Royong atau dikenal dengan istilah NKRI GO.

Disisi lain apresiasi datang dari Kamabigus Sri Indra Wati serta seluruh komponen pembina gugus depan, wali murid serta warga sekitar yang ikut serta menyaksikan dan memberikan support kepada putra-putrinya di Bumi Perkemahan Nyalabu Daya tersebut. Perkemahan ini dinilai banyak mempersembahkan suguhan menarik serta aneka lomba kreativitas siswa dari masing-masing sangga dan jurusan.

Baca Juga:  HIMA BKPI Gembleng Maba dengan Diklat Kepenulisan

“Pramuka SMKN 3 Pamekasan hadir sebagai media untuk generasi Pramuka Penegak dalam pembentukan karakter tunas muda sehingga mampu menyongsong Era 4.0. Oleh sebab itu, kami masukkan program bakti sosial kepada masyarakat sekitar dan enterprenuer,” ujar salah satu pembina, Muslihen, (3/11/2019.

“Sehingga mereka memiliki tambahan bekal untuk meningkatkan skill mereka dan semoga tahun depan kegiatan ini tetap istiqomah dengan agenda yang lebih baik dari yang sekarang,” pungkasnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat