oleh

Gelar Mapaba, Rayon Tarbiyah PMII IAIN Madura Komitmen Lahirkan Kader Militan

MediaJatim.com, Pamekasan –
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Fakultas Tarbiyah (Rafatar) Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru dengan mengangkat tema “PMII Moderasi Islam Indonesia, Pionir Kemaslahatan Umat” di Yayasan Miftahul Ulum (Yaspimu), Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 15 hingga 17 November 2019 dengan diikuti 374 mahasiswa IAIN Madura dan delegasi dari berbagai kampus yang ada di Madura.

Pelaksanaan pembukaan kegiatan, Jumat (15/11/2019), dihadiri langsung oleh pengurus PC PMII Pamekasan, pengurus Komisariat PMII IAIN Madura, pengurus Rayon PMII di IAIN Madura dan alumni PMII IAIN Madura.

Baca Juga:  PMII Wahid Hasyim Bondowoso Gelar Sekolah Enterpreneur

Ketua Komisariat Institut Agama Islam Negeri Madura Ach. Faizal Dzat menuturkan, Masa Penerimaan Anggota Baru dilaksanakan sebagai ajang perkenalan salah satu organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia.

“Di Mapaba, para kader baru diperkenalkan bagaimana seharusnya menjadi kader yang memiliki jiwa kepemimpinan dan analisis sosial yang mumpuni, seperti yang ditularkan para pendiri PMII. Sehingga nanti lahir kader yang benar-benar militan dan tidak mudah dirasuki,” tegas mahasiswa yang akrab dipanggil Kak Izal itu, Sabtu (16/11/2019).

Mapaba merupakan kaderisasi formal pertama di PMII. Sebagaimana yang dikatakan ketua Rayon PMII Fakultas Tarbiyah, Idrus Ali.

Baca Juga:  Bahaya Radikalisme dalam Dunia Kampus

“Ini untuk menjalankan amanah kaderisasi formal PMII. Kita sebagai kader PMII wajib menjalankan amanah mulia ini,” katanya.

Idrus Ali juga berharap, pengurus untuk tidak kenal lelah dalam menjalankan tugasnya, membimbing dan membina dalam upaya menciptakan kader yang berkualitas dan mumpuni.

“Saya harap para senior bisa sabar membimbing dan mendampingi adik-adiknya dalam berproses di PMII. 347 anggota, bukan jumlah yang sedikit, ini tanggungjawab besar bagi kita. Tetap bersemangat dan jangan sampai menyerah,” tukasnya.

Reporter: Zul

Reporter: Sulaiman