TPID Muncar Mantapkan Kapasitas KPMD

  • Bagikan

Mediajatim.com, Banyuwangi – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Muncar menggelar pelatihan penyedia peningkatan kapasitas teknis desa. Pelatihan tersebut dihadiri Kader Peberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Sekertaris Desa (Sekdes) se – Kecamatan Tegaldlimo, Purwoharjo dan Muncar, Selasa (19/11).

Kegiatan yang digelar di aula Kecamatan Muncar tersebut, menurut Arief Wicaksono Kordinator Tim Ahli Pendamping Desa Kabupaten Banyuwangi merupakan lanjutan dari program inovasi desa.

Terlebih para kades terpilih akan dilakukan pelantikan. Tugas pertama yang dilakukan adalah pembuatan Rencana Kerja Pebangunan Desa (RKPdes) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) dalam tiga bulan ke depan.

Baca Juga:  Bantah Isu Santet, Warga Banyuwangi Ini Sumpah Pocong

Untuk peningkatan KPMD, pihaknya menghadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan, Kasi Perencanaan, dan lembaga akademis yang terlibat dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Banyuwangi.

“Harapannya, RPJMdes tetap sesuai visi misi kades terpilih, akan tetapi harus selaras dengan rencana pembangunan jangka menengah Desa, Daerah dan Nasional. Kami juga berharap fungsi KPMD benar – benar ada untuk pemberdayaan masyarakat di desa,” terang Arif Wicaksono.

Thatet Yuniato Ketua TPID Muncar berharap, kegiatan tersebut bisa terus digelar, supaya kapasitas KPMD bisa maksimal.

“Selama ini belum pernah ada dilaksanakan pelatihan secara menyeluruh. Dari pelatihan ini besar harapan kami, peran KPMD lebih dapat termaksimalkan di desanya masing – masing,” pungkas Thatet.

Baca Juga:  THR Dipotong, Buruh PT SSP Banyuwangi Demo

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat