TPID Singojuruh Gelar P2KTD

Media Jatim

MediaJatim.com, Banyuwangi – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Singojuruh bersama TPID Kecamatan Srono dan Songgon menggelar pelatihan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Pelatihan tersebut dihadiri Kader Peberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan unsur pemerintah desa se – Kecamatan Srono, Songgon dan Singojuruh, Selasa (3/12/2019).

Kegiatan perdana yang digelar di Balai Kecamatan Singojuruh tersebut menurut Hendra Febrianto ketua panitia pelaksana kegiatan menjelaskan, pelatihan yang dilakukan merupakan lanjutan dari program inovasi desa.

Dalam pelatihan ini, pihak penyelenggara menghadirkan nara sumber dari Bank Jatim, Bapeda ,Garansi, Dinas Koprasi, DPMD dan Untag Banyuwangi.

Baca Juga:  Operasi Pemberantasan Rokok Ilegal Sasar Tiap Kecamatan di Kabupaten Sumenep

“Pelatihan ini diharapkan KPMD bersama pemerintah desa bisa mengelola program desa dengan baik dan memberikan pengaruh ke desa agar lebih baik,” terang Hendra.

Fungsi KPMD sendiri menurut Hendra, lebih ke pemberdayaan masyarakat desa dan ikut dalam bagaimana cara untuk mengembangkan suatu desa supaya bisa lebih maju lagi.

“Jadi fungsi KPMD turut serta dalam pengembangan pemebrdayaan masyarakat termasuk dalam penyusunan RPJMdes,” jelasnya.

Andre Subandriyo, ketua TPID Srono berharap, pemerintah desa bisa lebih peka terhadap keberadaan KPMD di desa – desa. Karena fungsi KPMD sangat baik untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca Juga:  Rancang Perda Penataan Hiburan, Bupati Apresiasi DPRD Pamekasan

“Harapan saya pemerintah desa bisa lebih peka, supaya fungsi KPMD bisa berpengaruh terhadap kemajuan desa,” pungkas Andre.

Banner Iklan Media Jatim

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman