oleh

TPID Singojuruh Gelar P2KTD

MediaJatim.com, Banyuwangi – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Singojuruh bersama TPID Kecamatan Srono dan Songgon menggelar pelatihan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Pelatihan tersebut dihadiri Kader Peberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan unsur pemerintah desa se – Kecamatan Srono, Songgon dan Singojuruh, Selasa (3/12/2019).

Kegiatan perdana yang digelar di Balai Kecamatan Singojuruh tersebut menurut Hendra Febrianto ketua panitia pelaksana kegiatan menjelaskan, pelatihan yang dilakukan merupakan lanjutan dari program inovasi desa.

Dalam pelatihan ini, pihak penyelenggara menghadirkan nara sumber dari Bank Jatim, Bapeda ,Garansi, Dinas Koprasi, DPMD dan Untag Banyuwangi.

Baca Juga:  Di Balik Keceriaan JJS dan Konsolidasi PPK-PPS-Muspika-Puskesmas Kadur

“Pelatihan ini diharapkan KPMD bersama pemerintah desa bisa mengelola program desa dengan baik dan memberikan pengaruh ke desa agar lebih baik,” terang Hendra.

Fungsi KPMD sendiri menurut Hendra, lebih ke pemberdayaan masyarakat desa dan ikut dalam bagaimana cara untuk mengembangkan suatu desa supaya bisa lebih maju lagi.

“Jadi fungsi KPMD turut serta dalam pengembangan pemebrdayaan masyarakat termasuk dalam penyusunan RPJMdes,” jelasnya.

Andre Subandriyo, ketua TPID Srono berharap, pemerintah desa bisa lebih peka terhadap keberadaan KPMD di desa – desa. Karena fungsi KPMD sangat baik untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca Juga:  Hari Pertama Lebaran, Korban Gempa Trauma dan Kekurangan Air Bersih

“Harapan saya pemerintah desa bisa lebih peka, supaya fungsi KPMD bisa berpengaruh terhadap kemajuan desa,” pungkas Andre.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *