oleh

Pilot Project Desa untuk Pendidikan Anak Usia Dini

MediaJatim.com, Pamekasan – Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda (GPM), Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) oleh Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Pamekasan memasuki hari ke empat, Sabtu (14/12/2019), di ruang rapat Husada Ceria, Lantai 2 Puskesmas Kadur, Jalan Raya Kadur, Pamekasan.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak Rabu dan berakhir Minggu (11-15/12/2019), dengan bentuk kegiatan tatap muka selama 48 jam pelajaran serta kegiatan mandiri di lembaga masing masing.

Tujuanya adalah meningkatkan kualitas pendidik guru PAUD di desa, khusunya bagi guru yang belum berijazah S1 atau masih berpendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat).

30 orang peserta menjadi Objek pelatihan di atas yang berasal dari empat desa yakni 10 orang dari Desa Bangkes, 4 orang dari Desa Kertagena Tengah, 3 orang dari Kertagena Laok dan, 13 orang, warga diluar Kecamatan Kadur, tepatnya Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan.

Baca Juga:  PD dan PC HIMPAUDI di Sumenep Resmi Dilantik

Empat desa di atas sekaligus mendanai kegiatan tersbut melalui Dana Desa tahun 2019 dan bertindak sebagai Event Organisazer (EO) Himpaudi Kabupaten Pamekasan.

Pada kesempatan tersebut, hadir secara khusus dan memberikan sambutan, Ibu Bupati Pamekasan, Nayla Badrut Tamam.

“Acara ini merupakan pilot project yang oleh desa bangkes, kertagena laok, kertagena tengah dan larangan luar,” terang Bunda PAUD Kabupaten Pamekasan tersebut.

Dirinya berharap empat desa tersebut bisa dijadikan support untuk desa-desa yang lain di kabupaten pamekasan

“Empat desa ini sudah mengawali dengan hal yang baik, sudah mengalokasikan sebagian dana desanya untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui pelatihan guru PAUD, tentu ini perlu dijadikan rujukan bagi desa yang lain” tegas Bunda Nayla, panggilan akrabnya.

Baca Juga:  YASPI Al-Ghazali Desa Ragang Gelar Lomba Edukatif

Baginya, jenjang PAUD merupakan pondasi awal menamkan nilai-nilai kebaikan dan mencetak anak didik yang cerdas dan mandiri guna mempersiapkan generasi masa depan yang cemerlang.

“Saya berharap semua pihak ikut mendukung dan berpartisipasi memperhatikan pendidikan anak didik kita, setidaknya tidak acuh tak acuh terhadap masa depan anak bangsa,”tukasnya.

Adapun pemateri GMP kali adalah Muzakki Rijanto dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan; Nurul hidayah, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA DPMD) Kabupaten Pamekasan; Anis Faizah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan; Hj. Riskiyah, Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Pamekasan; dan delapan tim Provider Himpaudi yang sudah bersertifikat Pelatihan Calon Pelatih (PCP) yaitu Heriyanto, Andri yani, Yetti yuliswati, Indrirahmawati, Zahratun naimah, Yuliatul hasanah, Rohani, dan Anizah Puspita Sari.

Reporter: Imam Syafii

Redaktur: Zul