oleh

Firman Blusukan ke Kampung Nelayan

MediaJatim.com, Surabaya – Kemarin Bakal Calon Walikota Surabaya Firman Syah Ali melakukan blusukan di kampung nelayan Sontoh Laut Surabaya. Dalam acara blusukan kali ini, Firman Syah Ali ditemui langsung Ketua RT/RW 04/01, Kelurahan Tambak Sarioso, Iwan Hermawan dan tokoh-tokoh warga setempat.

Iwan menyampaikan aspirasi warga Sontoh Laut yang selama ini belum diperhatikan oleh Pemerintah. Warga Sontoh Laut ingin dermaga tambat labuh nelayan tradisional Sontoh Laut diubah menjadi Kawasan Wisata Bahari Sontoh Laut. Sebab kampung nelayan tersebut memiliki pesona alam yang luar biasa, terutama view hutan mangrove dan view lepas pantai berlatar-belakang terminal peti kemas Teluk Lamong. Begitu juga potensi wisata sunrise dan sunset sangat menarik di kampung nelayan tersebut.

Setelah melalui perjuangan panjang dan tertatih-tatih, saat ini kawasan Sontoh Laut memiliki 3 unit toilet umum dan 1 unit gazebo tengah laut hasil sumbangan Kapolres KP3 Tanjung Perak dan Perum Pegadaian Syariah, bantuan tersebut merupakan CSR.

Baca Juga:  Diserang Masalah Polindes, Ini Pernyataan Cawabup Berbaur

Fasilitas yang belum berhasil dimiliki oleh kampung nelayan Sontoh Laut untuk bisa menjadi kawasan wisata bahari antara lain Pavingisasi Dermaga Nelayan, Wahana Outbond, revitalisasi dermaga wisata, pengadaan air bersih, perahu wisata ukuran besar, tempat UMKM dan lokasi jogging track.

Kendala yang sangat dirasakan warga saat ini adalah air dan listrik, sebab tarifnya masih ikut tarif perumahan, yaitu 6000 per Kwh, padahal kemampuan ekonomi masyarakat Sontoh Laut belum mampu untuk membayar tarif sebesar itu, sehingga saat ini toilet umum Sontoh Laut sering kehabisan air dan Lampu Penerangan Umum di malam hari sering mati.

Baca Juga:  dr. Gamal, Sosok Muda Inovatif di Pilwali Surabaya 2020

Terkait hal tersebut, Ketua RT 04 beserta warga setempat meminta Firman Syah Ali untuk membantu dan memperjuangkan aspirasi tersebut. Menanggapi permintaan warga, Firman Syah Ali berjanji akan memperjuangkan sejauh yang dia mampu, sebab dirinya saat ini belum punya kekuasaan apa-apa.

“Kalau Allah mengijinkan saya jadi Walikota Surabaya, Insya Allah langsung saya eksekusi ini barang, tapi karena saat ini saya belum menjadi Walikota maka saya hanya sanggup memperjuangkan sejauh yang saya mampu,” ucap Firman Syah Ali kepada warga.

“Saat ini Walikota masih dijabat Ibu Risma, saya harap beliau memberi atensi terhadap kawasan Sontoh Laut, jangan hanya kenjeran yang diperhatikan, ini potensi wisatanya bagus, eman kalau terlantar dan terbengkalai,” pungkas keponakan Menkopolhukam RI Mahfud MD ini.

Reporter: Imam Syafii

Redaktur: Zul