Satukan Potensi, Raih 8 Kursi DPRD Jember

MediaJatim.com, Jember – Menjadi pimpinan partai, tidaklah mudah. Sebab yang namanya institusi politik, memang rawan konflik karena adanya perbedaan kepentingan. Terkadang terjadi ketegangan antar pengurus , bahkan unjuk rasa sebagai ekspresi kelompok yang tidak puas. Itulah yang dirasakan H Marsuki Abd. Gofur saat awal-awal memimpin Partai NasDem Kabupaten Jember.

Menurut H Marsuki, dalam lembaga politik, pro kontra terhadap suatu keputusan adalah hal biasa, bahkan konflik k sekalipun bukan hal aneh dalam berpartai. Justru adanya konflik jika dikelola dengan baik, bisa membuat partai semakin terasah.

“Dalam partai politik, unjuk rasa, konflik dan sebagainya, itu bagian dari dinamika, biasa saja,” ucapnya kepada MediaJatim.com di Jember, Sabtu (21/12).

Baca Juga:  Politik Tanpa Mahar Solusi Maraknya OTT

H Marsuki menjadi nahkoda Partai NasDem Kabupaten Jember sejak bulan Juli 2016, menggantikan kepengurusan yang lama di bawah pimpinan Moch Eksan yang terpilih sebagai anggota DPRD Jawa Timur . Saat itu terbit aturan bahwa kader Partai NasDem yang menjadi anggota DPRD tingkat I (Provinsi Jawa Timur), tidak boleh merangkap sebagai Ketua DPD Partai NasDem. Tujuannya adalah profesionalitas, yaitu agar Ketua DPD Partai NasDem bisa fokus membesarkan partai di daerahnya. Begitu juga anggota legislatif, bisa lebih fokus memperjuangkan aspirasi rakyat di tingkat provinsi.

Namun saat itu kehadiran H Marsuki di Partai NasDem Jember sedikit menimbulkan riak-riak pro-kontra, khususnya di kalangan PAC (Pimpinan Anak Cabang). Tapi dengan pendekatan yang terus-menerus dilakukan, H Marsuki mempu menyatukan semua kekuatan yang ada di Partai NasDem.

Baca Juga:  PMII Pamekasan Evaluasi Kinerja KPK

Kepemimpinan H Marsuki yang cukup elegan, senantiasa turba (turun kebawah) dan dapat merangkul semua potensi yang ada, membuat Partai NasDem Jember semakin besar. Pelan tapi pasti, Partai NasDem terus bergerak menuju kemenangan. Dan terbukti dalam Pileg 2019, Partai NasDem berhasil meraup 8 kursi di DPRD Jember, masing-masing mendapat 1 kursi di DPRD Jawa Timur dan DPR RI.

“Itu semua bukan hasil kerja satu orang tapi semuanya. Semua telah ikut berjasa membesarkan Partai NasDem,” pungkansya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6

WhatsApp chat