Basic Training; Upaya HMI Siapkan Kader Terbaik

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Basic Training atau Latihan Kader (LK) 1 kembali diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan Komisariat Tarbiyah dan Insan Cita, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura di Aula Sekolah Menegah Atas (SMA) Islam Miftahul Ulum, Kertagena Tengah, Kadur Pamekasan.

Kegiatan yang sudah memasuki hari ketiga sejak Senin malam tersebut bertujuan terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, sadar akan fungsi dan perannya dalam organisasi serta hak dan kewajibannya sebagai kader umat dan kader bangsa.

Kholisin Susanto, Ketua Panitia dalam laporannya, Senin (23/12/2019) menyebutkan, jumlah seluruh peserta sebanyak 79 orang, dengan rincian dari Komisariat Tarbiyah ada 41 orang, dan 38 orang dari Komisariat Insan Cita.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari, dari malam ini (Senin, red), 23/12/2019 sampai Sabtu, 28/12/2019 mendatang dengan berbagai materi yang sudah terjadwal,” terang Kholisin, panggilan akrabnya.

Baca Juga:  Rekatkan Umat Melalui Media, LPM Al-Fikrah Adakan Diklat Jurnalistik

Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) tersebut menambahkan, peserta pelatihan merupakan calon pemimpin, calon kader umat dan kader bangsa.

“Semoga yang hadir pada malam hari akan menjadi pemimpin masa depan untuk kemajuan indonesia dan kejayaan islam,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua HMI komisariat Tarbiyah, Uswatun Hasanah dalam kesempatan yang sama mengatakan, Kegiatan basic training LK 1 adalah pelatihan yg menjadi syarat mutlak untuk menjdi kader HMI.

“Ini kegiatan wajib yang harus diikuti oleh calon kader HMI dan kalain semua adalah orang beruntung karena yang sudah selangkah lebih maju untuk menempa diri menjadi lebih baik,” ungkap Mahasiswi yang akrab dipanggil Uung tetsebut.

Dirinya berharap LK 1 bisa membina peserta menjadi pribadi yang baik sesuai dengan harapan bangsa dan agama.

Selanjutnya, Moh. Toriqil Akmal Bukhori, ketua HMI komisariat Insan Cita menambkan, sebagai kader harus menanamkan kecintaan pada organisasi, bagaimanapun keadaannya.

Baca Juga:  Perangi Narkoba, BAANAR Kadur Bangun Sinergitas Bersama Kepolisian

“Karena cinta akan membuat kita bertahan pada saat organisasi sedang maju atau mundur, dan ini menjadi salah kunci kesuksesan kita membersarkan HMI,” tegas Toriq.

Dilain pihak, Ahmad Hokim selaku Ketua Cabang HMI pemekasan memberikan motivasi kepada peserta pelatihan, agar mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dengan penuh semangat dan serius.

“Pelatihan ini bukan sekedar formalitas, tetapi menyiapkan kader sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, jadi memang harus dilatih mulai sekarang, dan kalian harus benar-benar serius mengikuti kegiatan ini ” jelas Hokim.

Pihaknya optimis, kader hari ini akan menguatkan HMI menjadi organisasi yang ikut andil membangun Indonesia lebih baik dan amanah dalam memajukan peradapan islam.

“Yakin Usaha Sampai,” ungkapan penutup pria yang baru menikah tiga bulan lalu tersebut.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat