Ribuan Peserta Ikuti Gowes IAIN Jember

  • Bagikan

MediaJatim.com, Jember – Gebyar peringatan Hari Amal Bakti ke-74 Kemeterian Agama yang dikemas dengan acara Gowes oleh IAIN Jember, Ahad (29/12) cukup semarak. Sekitar 15.000 peserta turut ambil bagian dalam sepeda santai tersebut.

Sejumlah tokoh turut menyemarakkan Gowes, diantaranya Bupati Jember, Faida, Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, dan tentu saja Rektor IAIN Jember selaku tuan rumah. Tak ketinggalan, hampir 30 pimpinan perguruan tinggi negeri Islam se-Indonesia juga hadir untuk mengikuti Gowes.

Menurut Babun Suharto, olahraga dengan mengayuh sepeda mempunyai keunggulam dibanding olahraga lain. Setidaknya ada tiga manfaat yang bisa didapat dengan Gowes, yaitu 3O. Pertama olah pikir. Selama dalam perjalanan, tentu banyak disaksikan keindahan alam, bahkan kejadian-kejadian yang tanpa diduga. Sehingga mendorong peserta untuk berpikir dan menganalisa mengapa itu bisa terjadi.

Baca Juga:  Mengikuti Tradisi Annuqayah, Sejumlah Alumni di Dungkek 'Abhak-rembhak Satarétanan'

“Setelah berpikir, maka kemudian timbul keinginan untuk berdzikir. Yaitu olah yang kedua, yakni olah dzikir, mengingat Allah. Betapa besarnya kekuasaan Allah yang telah menciptakan keindahan dan sebagainya,” terangnya kepada MediaJatim.com.

Ketiga adalah olah raga. Olahraga merupakan kebutuan pokok manusia. Dikatakanya, bersepeda adalah cara yang sangat bagus untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan. Sebab, gowes dapat meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

“Olahraga Gowes murah, meriah dn berkualitas,” pungkasnya.

Acara yang start dan finish di kampus IAIN Jember itu memperebutkan 74 sepeda gunung, 1 motor, dan 1 hadiah umroh.

Baca Juga:  Realistic Essay Writing Services Solutions For 2019

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6

  • Bagikan
WhatsApp chat