Abdimas Kelompok 15 UTM Lakukan Reboisasi dan Percantik Gang di Desa Banyusangka

  • Bagikan

MediaJatim.com, Bangkalan – Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kelompok 15 melakukan penghijauan dan memperindah salah satu gang di desa Banyusangka, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jum’at (27/12/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 15 dibantu oleh warga sekitar dan peserta didik.

Vivi Novia Septri salah satu anggota Abdimas kelompok 15 mengatakan, kegiatan ini  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan di sekitarnya khususnya di Desa Banyusangka, Kecamatan Tanjung Bumi.

“Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan di sekitarnya khususnya di Desa Banyusangka, Kecamatan Tanjung Bumi,” kata mahasiswa yang akrab disapa Vivi itu.

Ia melanjutkan, penghijauan dan menghias gang dilakukan di salah satu gang di desa Banyusangka yaitu di gang masjid At-Taqwa.

Baca Juga:  Tak Terganggu Corona, Pedagang di Situbondo: Kami Lebih Takut Lapar!

Pemilihan lokasi tersebut, lanjut Vivi, karena warga di daerah tersebut cukup sadar akan pentingnya menjaga kebersihan sehingga gang tersebut dijadikan percontohan agar di gang lain dapat meniru kegiatan tersebut.

Penghijauan sendiri dilakukan dengan cara menanam tanaman jenis krokot dan bunga pukul 8 di botol bekas yang nantinya digantung pada tembok warga. Pemilihan tanaman didasarkan karena dua tanaman tersebut tidak terlalu membutuhkan air, sehingga perawatannya sangat mudah.

“Kegiatan ini juga mengikutsertakan para peserta didik yang bersekolah di SD desa Banyusangka. Hal tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan serta adanya rasa untuk menjaga alam ataupun lingkungan disekitar pada peserta didik desa Banyusangka,” bebernya kepada mediajatim.com.

Baca Juga:  Various kinds of Relationships: Which can be Best?

Selain itu, kelompok ini juga memperindah gang dilakukan dengan pengecatan di sepanjang gang masjid At-Taqwa. Pengecatan dilakukan untuk lebih menarik daya tarik pada gang, sehingga selain penghijauan, terdapat warna-warni yang menghias disekitar pohon yang ditanam dalam botol. Para Mahasiswa UTM mengajak warga dan peserta didik untuk ikut berkreasi dalam kegiatan pengecatan.

Vivi menjelaskan, rangkaian kegiatan ini berlangsung seru, mengasyikan, dan diapresiasi masyarakat karena mengedukasi setiap peserta yang ikut.

“Pengabdian Masyarakat UTM Kelompok 15 berharap kegiatan ini dapat menular ke gang-gang lainnya didesa Banyusangka. Kebiasaan memanfaatkan barang bekas dan menciptakan lingkungan bersih semoga dapat terus berlangsung untuk kedepannya,” harapnya.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat