oleh

Gus Muhdlor Punya Agenda Revitalisasi Sungai di Sidoarjo

MediaJatim.com, Sidoarjo – Revitalisasi sungai menjadi salah satu agenda calon Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali atau akrab dipanggil Gus Muhdlor apabila terpilih menjadi dalam Pilkada 2020.

Kepada MediaJatim, Gus Muhdlor menyebut sungai sangatlah penting bagi kota Metropolis seperti Sidoarjo. “Fungsi sungai itu sangat vital,” ungkapnya.

Revitalisasi sungai akan diarahkan pada upaya pengerukan secara berkala. Salah satu tujuannya adalah untuk menjadi penampung air kala hujan datang sehingga meminimalisir terjadinya banjir.

Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi banjir yang masih sering terjadi ketika musim penghujan datang seperti saat ini.

Baca Juga:  Akademisi Madura: 5 Syarat Pemilu Bisa Dinilai Demokratis

“Pengerukan akan dilakukan secara teratur. Tujuannya, agar tingkat kedalaman terjaga sehingga mampu menampung air secara maksimal, khususnya ketika musim penghujan datang.

Revitalisasi juga akan didesain untuk menjadikan sungai sebagai ruang rekreasi dan edukasi bagi masyarakat. Ruang rekreasi di sekitar sungai akan diwujudkan dengan membangun ruang terbuka hujan di sekitar sungai yang memiliki lahan kosong.

Putra Pengasuh Bumi Shalawat Sidoarjo KH Agus Ali Masyhuri ini menyebutkan bahwa ruang terbuka hijau tersebut nantinya harus bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan disabilitas.

Baca Juga:  Restu Ulama Kunci Penting bagi Yogie

Selain itu, Gus Muhdlor juga akan berupaya untuk menyelesaikan masalah lingkungan. Salah satunya adalah membangun sinergitas dengan semua masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik. Juga akan mendorong komunitas-komunitas masyarakat untuk bisa mendaur ulang sampah plastik sehingga bernilai ekonomis.

“Pertama, saya akan menggalakan kampanye pengurangan penggunaan plastik. Kedua, jika saya terpilih menjadi bupati akan mendorong komunitas-komunitas di pedesaan untuk bisa mendaur ulang sampah plastik sehingga bernilai ekonomis,” pungkasnya.

Reporter: Ubaidillah

Redaktur: Sulaiman