KKN Kelompok 15 UMM Siap Mengabdi untuk Masyarakat Desa Kromengan

Media Jatim

MediaJatim.com, Malang – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 15 secara tegas menyatakann sikap kesiapannya mengabdi untuk masyarakat Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, Selasa (14/1/2019) pagi di Balai Desa setempat.

Program pengabdian kepada masyarakat yang bertema ‘Mengabdi untuk Desa yang Sejahtera dan Mandiri’ ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok tersebut, Kepala Desa Kromengan dan Tim Pendamping Lapangan (TPL), sekaligus serah terima tugas KKN.

M. Rudi selaku Koordinator Desa (Kordes) kelompok ini mengatakan, perjalanan dari UMM ke lokasi KKN lancar. “Alhamdulillah, perjalanan dari kampus sampai desa Kromengan tidak ada kendala apapun dan juga acara pembukaan berjalan dengan lancar tanpa ada rintangan,” terangnya.

Rudi, sapaan akrabnya mengatakan, pihak Desa Kromengan menyambut hangat kedatangan kelompoknya. Ia menambahkan, pihak desa berharap lebih kepada kelompoknya untuk berkontribusi penuh. Baik dari bantuan administrasi di balai desa maupun dari program yang sudah disusun untuk lebih membantu kesejahteraan masyarakat dan untuk lebih membantu kemandirian desa dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) serta keterampilan masyarakat dalam wirausaha.

Baca Juga:  Cara OSIS Tarbiyatun Nasyiin 1 Cetak Organisator Sejak Dini

Mahasiswa berpeci ini menjelaskan, pihaknya mempunyai program terobosan untuk membantu usaha masyarakat yang selama ini mereka kebingungan dalam segi pemasaran produk yang mereka miliki sebagai ciri khas Desa Kromengan seperti sepatu kulit dan rengginang.

“Kami siap memberikan program terobosan, khususnya di bidang pemasaran produk lokal seperti sepatu kulit dan rengginang yang merupakan ciri khas desa ini, ” jelasnya kepada Mediajatim.com.

Rudi menuturkan, pihaknya akan mendirikan Taman Baca dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis kepada siswa agar memunculkan pembelajaran yang menyenangkan Thathit Manon Andini, DPL KKN kelompok 15 mengatakan, pihaknya bersyukur karena mahasiswanya diterima disambut baik oleh pihak desa.

“Senang dan bersyukur sebab Kepala Desa, Bapak Bambang Zazuli, telah menerima seluruh mahasiswa KKN 15 dengan tangan terbuka. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa Kromengan, Kec. Kromengan atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswanya,” katanya.

Baca Juga:  Di Unej, Eksan Kupas Soal Smart City

Dengan adanya hal ini, lanjutnya, mahasiswa diberikan kesempatan yang sangat baik untuk mengabdi dengan sepenuh hati kepada masyarakat sekaligus menggali potensi diri. Dengan potensi yang telah ada, mahasiswa akan terus terdorong untuk berprestasi dan menjadi bagian dari masyarakat sejati.

Banner Iklan Media Jatim

Bambang Zazuli selaku Kepala Desa Kromengan merasa bangga karena telah dipercaya oleh UMM tiap semester untuk menjadi lokasi KKN mahasiswanya.

“Kami justru bangga dengan didatangi adik-adik UMM ini. Hampir setiap semester desa kami dipercaya untuk membersamai mahasiswa UMM untuk mengabdi di sini,” paparnya.

Ia berharap, program KKN kelompok 15 ini dapat membantu masyarakat untuk memajukan desa dengan kreativitas dan produktivitasnya.

Mahasiswa yang siap mengabdi di Desa Kromengan ini berjumlah 31 mahasiswa. Mereka berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Pertanian-Peternakan (DPP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Agama Islam (FAI).

Reporter: Gafur

Redaktur: Sulaiman