Program Sedekah Sayang Kepundungan Pakai Kupon BPNT

Media Jatim

Mediajatim.com, Banyuwangi – Sekitar 112 warga Desa Kepundungan Kecamatan Srono, Minggu 12 Januari 2020 mendapat bantuan masing – masing berupa 10 Kg beras dan 1 Kg telor ayam. Tentunya warga penerima bantuan sangat senang saat menerima bantuan tersebut.

Mereka berkumpul di balai desa setempat, sekitar Pukul 13.00 WIB sembari membawa kupon untuk pengambilan bantuan yang terdapat tulisan Nomor Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Terkait sumber dana bantuan ini Tri Marvila Sukmana Kepala Desa Kepundungan Kecamatan Srono menjelaskan jika sumber dana bantuan itu dari Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2019 masuk program Sedekah Sayang. Bantuan ini baru diserahkan ke penerima manfaat, karena validasi data.

“Dari ADD Tahun 2019, tapi bukan yang tahap pertama senilai Rp. 14 juta. Kita belanjakan tanggal 30 Desember 2019 dan Minggu kemarin diserahkan ke penerima bantuan,” jelasnya, melalui sambungan whatsapp, Rabu (15/01/2020).

Baca Juga:  Alami Panas Tinggi, TKI Asal Hongkong Langsung Dilarikan ke RSUD Sidoarjo

Ketika ditanya soal kupon bantuan tersebut pihaknya tidak menjelaskan dan cendrung meminta pewarta yang melakukan konfirmasi untuk menunjukan foto kupon secara utuh.

“Tolong yang full fotonya mas,” pintanya.

Ketua BPD (Badan Permusyawarahan Desa) Kepundungan Muchlas Rofiq ketika ditanya keterkaitan bantuan tersebut mengaku tidak tahu, karena tidak ada pemberitahuan dari pihak desa.

“Tidak ada pemberitauan. Sehingga kami tidak tahu,” terang Muclas Rofiq, Rabu (15/01/2020).

Menurutnya bantuan itu masuk di APBDes Tahun 2019. Terkait data penerima bantuan juga sudah masuk dalam pembahasan APBDes Tahun 2019.

Baca Juga:  Dari Menjual hingga Dugaan Skandal Penutupan Kasus Narkoba Rp25 Juta di Polres Pamekasan

“Masuk dalam APBDes. Add terkahir Bulan Oktober 2019. Harusnya bantuan itu bisa diserahkan di Tahun 2019,” pungkas Muchlas Rofiq.

Menaggapi hal tersebut, Camat Srono Gatot Suyono M.Ap, sempat mengira jika bantuan itu dari BPNT. Dari konfirmasi wartawan pihaknya juga sempat menanyakan ke kades setempat terkait bantuan beras tersebut.

“Apa gak dari BPNT. Setelah saya tanyakan kata kades itu program sedekah sayang dari ADD. Diserahkan Minggu kemarin, karena validasi data. Gak papa, kan belanjanya Desember Tahun 2019. Soal kupon, saya tidak tahu,” jelas Camat Srono melalui sambungan whatsapp, Kamis (16/01/2020).

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman