Bersama FMPK, Polres Pamekasan Bersinergi dalam Upaya Memelihara Kamtibmas

MediaJatim.com, Pamekasan – Dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Kepolisian Resort (Polres) Pamekasan menjalin kemitraan dengan kelompok-kelompok pemuda. Seperti yang dilakukan dengan Forum Mahasiswa dan Pemuda Kadur (FMPK), di Dusun Nong Pote, Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Senin (20/1/2020).

Kelompok pemuda memang menjadi sasaran utama dalam kegiatan penguatan jaringan kerja yang digagas Polres Pamekasan ini. Mengingat kenakalan remaja yang berpotensi mengganggu keamanan dan kondusivitas di masyarakat semakin meningkat.

Menurut, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasatbinmas) Polres Pamekasan, AKP Khoirul Anwar, untuk menciptakan suasana tertib, aman dan kondusif di masyarakat sangat perlu ikut andil dari para pemuda.

“Saya tidak menyangka di desa ini terdapat kelompok pemuda yang aktif bergerak menjalankan program yang sifatnya positif. Programnya bukan hanya sekedar ditulis dan dibaca saja. Namun betul-betul direalisasikan, nyata atau tidak hanya formalitas,” tegasnya.

Baca Juga:  Jika Kompetisi Normal, Madura United Siap Bermain di Pamekasan

“Program yang dilakukan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, itu suatu yang luar biasa. Kami dari pihak kepolisian berterima kasih, karena tugas kami membina masyarakat dalam mewujudkan situasi aman dan kondusif sudah terbantu dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan organisasi ini,” tambahnya Khoirul Anwar.

Dosen Hukum di Universitas Islam Madura (UIM) itu sangat mengapresiasi adanya organisasi pemuda yang diberikan nama FMPK ini. Ke depan pihaknya berharap bisa bersinergi, tercipta kerjasama yang baik dalam upaya meningkatkan keamanan di wilayah Pamekasan.

“Kami sangat mengapresiasi FMPK ini, semoga bisa menjadi barometer untuk di kecamatan lain. Kami menginginkan ke depan bisa bersinergi dengan FMPK, salah satunya dengan adanya tukar informasi terkait keamanan di lingkungan sekitar,” harap AKP Khoirul Anwar.

Sementara, Kapolsek Kadur, AKP Junairi Tirto Atmojo saat menemani Kasatbinmas Polres Pamekasan mengungkapkan, Polsek Kadur siap menjalin hubungan aktif dengan para pemuda yang berada di Kecamatan Kadur.

Baca Juga:  Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 Dimulai Oleh KKKS EML di Sumenep

“Kami siap menerima laporan, keluh kesah masyarakat terkait keamanan dan kondusivitas di Kecamatan Kadur ini,” tuturnya.

Rey Akmal Fauzi, selaku Ketua Umum FMPK menyambut baik kunjungan Kasatbinmas Polres Pamekasan. Ia juga menginginkan terjalin hubungan yang harmonis, baik dalam hal pembinaan masyarakat ataupun pengembangan organisasi yang dipimpinnya ke depan.

“FMPK didirikan dengan tujuan untuk mengurangi kenakalan remaja yang bisa meresahkan masyarakat, seperti penyalahgunaan narkoba. Program sosial dan pendidikan yang telah kami lakukan untuk memperkecil kesempatan pemuda berbuat hal-hal yang tidak baik. Semoga FMPK dan Satbinmas Polres Pamekasan bisa menjalin hubungan baik dalam hal pembinaan masyarakat dan peningkatan kualitas kader FMPK,” tukas pria yang kini juga mengemban sebagai Kepala Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Kecamatan Kadur tersebut.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat